Detail Berita


Hilirisasi Tambang Dorong Ekonomi di Masa Pandemi


"Pembakaran dalam furnace"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-09-2020

duniatambang.co.id - Pemerintah terus mendorong hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah produk tambang. Sektor hilirisasi tambang memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi.

Pembangunan pabrik smelter makin digencarkan, namun ada beberapa yang tersendat akibat covid-19. Turunan produk hilirisasi ini pun berbagai macam. Misalnya, nikel yang dikembangkan untuk menghasilkan baterai lithium untuk mobil listrik.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menargetkan tahun 2024 Indonesia sudah bisa memproduksi baterai lithium tipe 811. Baterai jenis ini merupakan teknologi terbaru pada masa beroperasinya baterai lithium tipe 811.

“Di tahun 2024 kita berharap produksi baterai lithium terbaru yaitu 811 dan ada program daur ulang untuk baterai tersebut”, tutur Luhut dalam Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing, Jakarta (15/09/2020).

Luhut memaparkan selama periode 2014-2019, ekspor besi dan baja di luar kendaraan telah meningkat dari USD 1,1 miliar menjadi USD 7,4 miliar. Selain itu, pengolahan bijih nikel ke stainless steel slab akan memberikan nilai tambah dari USD 612 juta menjadi USD 6,24 miliar.

Tidak hanya mineral, batubara pun turut digaungkan untuk dilakukan hilirisasi. Beberapa waktu lalu telah ditandatangani perjanjian kerjasama proyek industri Coal to Metanol (CTM) di Batuta Industrial Chemical Park di Bengalon, Kutai Timur.

Selain itu pula, pemerintah kini tengah fokus menyiapkan progra pengembangan energi terbarukan untuk mendukung pengembangan industri hijau.

Dengan berkembangnya hilirisasi hasil tambang di Indonesia diharapkan dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat Indonesia.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !