Detail Berita


Mengenal Jenis-Jenis Bahan Peledak Tambang


"Peledakan di area tambang"
Sumber gambar: think stock


Tanggal terbit: 15-09-2020

duniatambang.co.id - Umat manusia sudah menggunakan bahan peledak sejak dulu kala. Catatan sejarah paling jauh menemukan jika penggunaan bahan peledak sudah terjadi sejak abad ke-9 di Tiongkok. Bangsa Tiongkok membuat bahan peledak pertama dengan campuran saltpetre (potassium nitrat), sulfur dan arang. Campuran tersebut kemudian dikenal dengan nama black powder alias bubuk mesiu, yang hingga pertengahan abad ke-19 menjadi satu-satunya jenis bahan peledak yang digunakan oleh manusia, baik untuk kembang api, senjata api, artileri berat, maupun untuk kepentingan sipil seperti konstruksi bangunan dan tentu saja, urusan pertambangan.

Teknologi pembuatan bahan peledak baru mulai berkembang pesat sejak era revolusi industri. Pada masa inilah, peran bahan peledak di bidang militer dan bidang sipil menjadi terpisah, walau kemudian bahan peledak yang dipergunakan di bidang militer juga masih sering dipakai untuk kepentingan sipil, seperti peruntuhan bangunan beton dan peledakan tambang. Salah satu contoh bahan peledak yang kerap digunakan adalah ANFO (Ammonium Nitrate Fuel Oil), campuran bahan peledak cair yang paling umum digunakan dalam berbagai jenis peledak, dari kembang api hingga senjata militer.

Bahan peledak pada dasarnya adalah senyawa kimia yang bekerja lewat sebuah reaksi. Terdapat dua jenis reaksi kimia yang umumnya ditimbulkan bahan peledak, yaitu reaksi deflagrasi dan reaksi detonasi. Kedua jenis reaksi yang berbeda tersebut menentukan skala kekuatan ledakan bahan peledak tersebut.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !