Detail Berita


Dewan Energi Nasional Luncurkan Aplikasi Pengawasan Si-Santer


"Dewan Energi Nasional"
Sumber gambar: portonews.com


Tanggal terbit: 07-09-2020

duniatambang.co.id - Dewan Energi Nasional (DEN) telah meluncurkan aplikasi baru guna memudahkan dalam hal pengawasan pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) serta pengawasan terhadap komunikasi antar lembaga atau kementerian untuk mewujudkan Kebijakan Energi Nasional (KEN). Adapun aplikasi itu diberi nama Si-Santer yang berarti Sistem Informasi Pengawasan Pelaksanaan Matriks RUEN.

Lebih lanjut mengenai aplikasi Si-Santer tersebut diharapkan bisa membantu lembaga atau kementerian dalam rangka perwujudan poros Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi primer nasional yakni sebesar 23 persen yang ditargetkan pada tahun 2025 mendatang.

Nantinya hasil pengawasan yang berasal dari penggunaan Si-Santer itu akan dilaporkan saat dilaksanakan sidang anggota yang dipimpin oleh Ketua Harian DEN, yakni Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) dan juga pada sidang paripurna yang dipimpin oleh Kepala Negara.

Adapun menurut apa yang telah disampaikan oleh Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, aplikasi Si-Santer ini pembuatannya dilakukan secara mandiri. Si-Santer merupakan inovasi dari para pegawai yang ada di lingkungan Setjen DEN.

Harapan dalam perjalanan penggunaan aplikasi Si-Santer ini, lembaga atau kementerian bisa menunjukkan perwakilan dari masing-masing bidang guna melakukan pemutakhiran pelaksanaan RUEN untuk selanjutnya bisa dilakukan penilaian oleh Setjen DEN atas pelaksanaan RUEN yang sudah dilakukan.

Hadinya aplikasi sistem informasi yang terintegrasi dan modern ini, mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Ristek/BRIN. Pasalnya metode dalam aplikasi Si-Santer bisa menjadi solusi dalam mewujudkan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan secara cepat dan terpadu.

Sementara itu, harapan besar juga disampaikan oleh Kementerian BUMN bidang Energi dan Migas, bahwa aplikasi Si-Santer bisa mendorong kegiatan capaian EBT bisa selesai tepat pada waktunya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !