Detail Berita


Dua Raksasa Mining: Freeport -McMorran VS Glencore, Siapakah yang paling untung?



Tanggal terbit: 24-06-2019

duniatambang.co.id – Freeport bukanlah satu-satunya perusahaan tambang besar yang ada di dunia. Banyak perusahaan mining raksasa yang menjadi rival dari Freeport, salah satunya adalah Glencore. Glencore dan Freeport selama bertahun bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Freeport Mc-Morran memiliki 12 lokasi penambangan dan dua lokasi yang masih dalam pengembangan (Serbia dan Kongo). Freeport memproduksi tiga jenis komoditi yaitu emas, perunggu, dan molydenum.

Berdasarkan Annual Report Freeport-McMorran pada tahun 2018, Freeport Mc-Morran mendapatkan revenue sebesar 18.62 miliar dolar atau sama dengan Rp 260.79 triliun rupiah (Kurs 14,000). Penghasilan Freeport-McMorran naik sebesar 2,225 miliar dolar atau sama dengan Rp 31.15 triliun rupiah (Kurs Rp 14,000).

Glencore memiliki tujuh segmen divisi mineral yaitu perunggu, zinc, timah, nikel, ferroalloy, aluminium, dan bijih besi. Perusahaan ini memiliki 150 fasilitas penambangan dan metalurgi yang tersebar di Eropa, Asia, dan Amerika. 

Berdasarkan Annual Report Glencore pada tahun 2018, Glencore mendapatkan revenue kotor sebesar 51.98 miliar dolar atau sama dengan Rp 727.72 triliun Rupiah (Kurs Rp 14,000). Penghasilan Glencore naik sebesar 963 miliar dolar dari tahun 2017 atau sama dengan Rp 13.48 triliun (Kurs Rp 14,000).

Berdasarkan nominal, Glencore memiliki fasilitas dan revenue terbesar dibandingkan dengan Freeport. Banyaknya segmen komoditi Glencore dapat turut andil dalam tingginya revenue Glencore.

Walaupun begitu dari kedua perusahaan ini, perusahaan yang memiliki Investasi di Indonesia paling besar adalah Freeport-McMorran dari PTFI (PT Freeport Indonesia). Keberadaan PTFI di Tambang Pit Grasberg sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. pada tahun 2018, saham PTFI dibeli oleh Indonesia sebesar 51% sehingga PTFI sekarang berada naungan Inalum.

Glencore belum melakukan investasi dalam pertambangan di Indonesia. Hal ini membuat nama Glencore terdengar asing oleh penduduk Indonesia.

Keberadaan kedua raksasa perusahaan tambang ini memberikan angin kepada aktivitas pertambangan global. Persaingan sehat kedua perusahaan tambang ini dan perusahaan – perusahaan tambang lain diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dunia dan turut serta dalam pengembangan teknologi pertambangan dunia.

(FPL)

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !