Detail Berita


Industri Pertambangan Indonesia Tak Kalah Dengan Negara Maju


"Excavator Backhoe di Site Pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 01-09-2020

duniatambang.co.id - Indonesia selama ini memang dikenal sebagai negara dengan cadangan sumber daya alam yang sangat banyak di dunia. Indonesia berada di jajaran teratas sebagai produsen komoditas pertambangan. Perusahaan-perusahaan tambang raksasa bahkan beberapa di antaranya juga merupakan perusahaan skala internasional dengan catatan penjualan dan produksi yang cukup tinggi.

Jika memang Indonesia berada di jajaran atas negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia, bagaimanakah perbandingannya jika disandingkan dengan industri pertambangan di negara-negara maju?

Dengan cadangan sumber daya alam yang tinggi, populasi penduduk yang banyak serta pasar domestik dan internasional yang mendukung, industri pertambangan di Indonesia telah sejajar dengan industri pertambangan negara maju. Bahkan dalam beberapa sisi penggunaan teknologi, Indonesia bisa menjadi yang terdepan.

Industri pertambangan di Indonesia jika dibandingkan dengan negara maju tidak jauh berbeda. Sama-sama merupakan industri padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja. Bahkan jika dilihat lebih seksama, penyerapan tenaga kerja industri tambang Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan negara lain.

Sebab, negara maju lebih bergantung pada teknologi otomatisasi yang menggantikan peran manusia. Di sisi lain, kecenderungan perusahaan tambang dalam menerapkan industri padat karya adalah upah para pekerja di Indonesia yang relatif lebih murah dibandingkan di negara lain.

Namun meski demikian bukan berarti teknologi otomatisasi di pertambangan Indonesia ketinggalan. PT Freeport Indonesia misalnya sudah menerapkan teknologi otomatisasi yang sangat modern dengan memanfaatkan truk yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Kemudian ada nama PT Agincourt Resources Indonesia yang kerap meraih sejumlah penghargaan bergengsi karena memanfaatkan teknologi tepat guna dan canggih hasil karya anak bangsa.

Untuk masalah pengolahan limbah pun, teknologi yang digunakan oleh banyak perusahaan tambang di Indonesia juga sudah sangat modern. Sehingga masalah pencemaran lingkungan akibat kegiatan pertambangan bisa diminimalisir serendah mungkin.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !