Detail Berita


ITMG Berhasil Dapatkan Kontrak Penjualan Batubara Sebesar 87 Persen


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 27-08-2020

duniatambang.co.id - PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) berhasil mendapatkan 87 persen kontrak penjualan dari total target yang sudah dicanangkan untuk tahun 2020 ini.

Meskipun harga jual rata-rata batubara yang mengalami penurunan hingga ke level USD55,8 per ton, namun perusahaan masih mampu meraih target volume penjualan. Lebih lanjut, dari total 87 persen kontrak yang sudah didapat, 67 persen akan menggunakan harga jual fixed price, sementara 20 persen sisanya akan mengacu pada indeks harga batubara.

Oleh karena sejumlah faktor di atas, pihak perusahaan optimis bisa memenuhi target tersebut. Terlebih ekonomi Cina yang selama ini menjadi konsumen batubara terbesar, sudah mulai mengalami perbaikan dan mereka pun yakin pada semester kedua tahun ini akan semakin membaik.

Adapun turunnya volume penjualan batubara perusahaan sebesar 11,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, hal itu lebih banyak disebabkan oleh target yang lebih rendah.

Selama ini tercatat penjualan terbesar batubara PT ITMG adalah ke pasar Cina sebesar 3,2 juta ton, kemudian Jepang sebanyak 2,6 juta ton, Filipina 0,8 juta ton dan Thailand sebanyak 0,7 juta ton. Jumlah tersebut belum termasuk ekspor ke negara-negara lain di wilayah Asia Timur dan Tenggara.

Prediksi yang dikeluarkan perusahaan untuk tahun ini volume penjualan akan lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal ketiga. Pasalnya terjadi peningkatan produksi di tambang Trubaindo dan juga Bharinto disertai nisbah kupas yang lebih sedikit.

Untuk tahun 2020 ini, target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan adalah berada di kisaran 19 juta sampai dengan 20,1 juta ton batubara.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !