Detail Berita


Kesempatan Harga Emas Naik, Antam Tingkatkan Produksi Tambang Emas Pongkor dan Cibaliung


"Fine Gold"
Sumber gambar: republika.co.id


Tanggal terbit: 27-08-2020

duniatambang.co.id - Sejak awal wabah pandemi Covid19 merebak di seluruh dunia, harga emas pun terus mengalami kenaikan. Meski beberapa kali terjadi koreksi, namun secara tren harga emas dunia terus naik. Hal ini membuat para perusahaan tambang emas menggenjot kapasitas produksi mereka, salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Aneka Tambang (ANTM).

Kunto Hendrapawoko selaku SVP Corporate Secretary Antam mengatakan jika perusahaan akan terus meningkatkan kapasitas produksi komoditas emas mereka, khususnya di dua tambang. Kedua tambang yang dimaksud yakni tambang emas Pongkor yang ada di Jawa Barat dan juga tambang emas Cibaliung yang ada di Banten. Kapasitas produksi emas saat ini diketahui bisa mencapai angka 2 ton per tahun.

Belakangan ini tren yang terjadi tidak hanya pada kenaikan harga emas secara mutlak, namun juga dikarenakan semakin bertambahnya permintaan komoditas emas di pasar domestik. Oleh sebab itu, Antam akan terus berupaya maksimal guna memperkuat basis pelanggan emas di tanah air.

Sejak Maret 2020, harga emas mampu mendorong kinerja perusahaan di angka yang positif untuk laporan per semester pertama tahun ini. Laba yang dihasilkan diketahui mencapai Rp495,16 miliar dengan jumlah penjualan di angka 7.915 kg atau 254.505 troy ons.

Jika dibandingkan untuk periode yang sama tahun lalu secara year-on-year, peningkatan laba ini tumbuh sebanyak 111 persen yang hanya berada di angka Rp234,94 miliar. Sementara untuk penjualannya justru lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun 2019 yakni sebesar 15.741 kg atau 506.084 troy ons.

Dari perbandingan secara year-on-year itu, bisa disimpulkan bahwa meski terjadi penurunan angka penjualan namun Antam mampu mencetak laba yang lebih besar.

Sementara itu, jika dilihat secara year-on-year harga emas memang mengalami penguatan cukup signifikan yakni sebesar 31,38 persen.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !