Detail Berita


Teknologi Digital Jadi “Game Changer” dalam Kegiatan Eksplorasi dan Penambangan


"Ilustrasi teknologi digital"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 26-08-2020

duniatambang.co.id - Pemanfaatan teknologi canggih yang juga tepat guna, tentunya akan membuat kegiatan penambangan jauh semakin efektif serta efisien. Hal inilah yang coba dilakukan oleh pemerintah Australia yang telah menganggarkan dana sebesar 2,1 juta Dolar Australia untuk sektor industri tambang mereka.

Dana tersebut sebagian besar dialokasikan untuk penggunaan alat multi sensor dan scanner, serta teknologi fusi data serta pembelajaran mesin. Penggunaan alat dan teknologi tersebut memungkinkan adanya pengumpulan data geologi yang mendekati real-time serta terstruktur.

Selain itu, juga memungkinkan adanya pengambilan keputusan secara otomatis di area eksplorasi dan pertambangan secara keseluruhan.

Selama ini kegiatan eksplorasi dan penambangan dinilai banyak menggunakan strategi yang justru berdasarkan data yang kurang lengkap atau tidak relevan. Sehingga perusahaan tambang memiliki risiko pengeluaran biaya yang jauh lebih besar karena hal tersebut. Pemanfaatan teknologi digital bisa menjadi solusi akan permasalahan itu.

Secara teknis sistem penambangan digital bekerja dalam beberapa tahap. Pertama, sistem akan membuat dan menggunakan algoritma khusus dan perangkat lunak untuk mengumpulkan banyak sekali sampel data mengenai jenis dan fitur batuan. Metode ini biasa disebut dengan Rock Fingerprinting.

Kemudian data berupa sampel batuan itu akan dikelompokkan sesuai dengan jenis dan fiturnya. Secara otomatis, sistem selanjutnya juga akan menentukan bahan dan jenis pengolahan yang tepat. Data yang didapatkan akan dikirimkan dengan sistem berbasis Cloud sehingga mampu diolah dalam waktu yang cukup singkat. Sehingga proses akan jauh lebih efisien dan efektif.

Penggunaan teknologi dan peralatan canggih ini akan sangat membantu proses penambangan untuk hari ini maupun untuk jangka panjang ke depan.

Teknologi seperti ini diprediksi  akan menjadi “game changer” dalam kegiatan penambangan di masa mendatang. Metode digitalisasi dan pengiriman data berbasis Cloud ini, menjadi metode penambangan yang bisa memberikan efisiensi yang sangat signifikan dari kegiatan penambangan yang ada selama ini.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !