Detail Berita


Si Peri Terbang, Inovasi Pemprov Babel Pangkas Perizinan Pertambangan


"Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman "
Sumber gambar: babelprov.go.id


Tanggal terbit: 25-08-2020

duniatambang.co.id - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bangka Belitung baru saja meluncurkan Sistem Informasi Pengiriman Terpadu Bahan Tambang atau dijuluki Si Peri Terbang. Layanan tersebut dihadirkan sebagai solusi atas lambatnya birokrasi, khususnya pada pengurusan izin pertambangan di wilayah tersebut.

Selama ini banyak perusahaan tambang di Bangka Belitung yang mengeluhkan lambatnya proses perizinan usaha tambang mereka. Salah satu faktor utama dari lambatnya birokrasi tersebut adalah dikarenakan jarak lokasi tambang yang sangat jauh dari pusat pelayanan yang ada di ibu kota kabupaten.

Pemerintah Daerah mengatakan bahwa inovasi Si Peri Terbang itu sebagai bagian dari komitmen pihaknya untuk menghadirkan layanan yang optimal kepada masyarakat. Dalam hal ini para pelaku usaha pertambangan yang secara rutin melakukan transaksi jual beli dan pengiriman komoditas tambang. Terlebih ekonomi di Bangka Belitung selama ini mendapat sumbangan pendapatan mayoritas dari usaha pertambangan.

Manfaat paling menonjol yang bisa didapatkan oleh para pelaku usaha tambang adalah proses pengurusan izin yang biasanya memakan waktu hingga dua hari kini berkat adanya Si Peri Terbang hanya butuh waktu 30 menit saja. Mereka juga tidak perlu mendatangi kantor unit pelayanan karena bisa melakukan pengurusan secara online.

Mengingat jarak yang terlampau jauh, dari kantor unit pelayanan dengan lokasi tambang, maka pengurusan izin secara online, juga mampu memangkas biaya transportasi yang biasa dikeluarkan. Karena proses pengurusan izin yang relatif singkat ini, pengiriman barang atau dwelling time di pelabuhan juga menjadi semakin cepat.

Masalah pemalsuan izin dokumen pun akan bisa dikurangi serendah mungkin. Karena setiap dokumen yang digunakan akan membuat kode unik sebagai acuan otentifikasi dokumen yang selanjutnya bisa digunakan sebagai pembayaran pajak daerah.

Secara teknis, para pemohon izin tinggal melakukan pendaftaran pengurusan dengan mengisi form yang sudah disediakan di website esdm.babelprov.go.id. Pengisian form itu pun bisa dilakukan melalui ponsel. Setelah selesai mengisi form, maka akan secara otomatis terkirim ke petugas. Selanjutnya, pemohon bisa menggunakan form tersebut untuk dijadikan surat sesuai kewenangannya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !