Detail Berita


Freeport Rutin Gelontorkan Dana 1 Triliun Rupiah untuk Pembangunan Masyarakat


"Penambangan di PT Freeport Indonesia"
Sumber gambar: ptfi.co.id


Tanggal terbit: 20-08-2020

duniatambang.co.id - Tony Wenas selaku Presiden Direktur dari PT Freeport Indonesia mengatakan bahwa pihaknya terus menjalankan kewajiban untuk peduli dengan masyarakat di sekitar tambang. Selama ini PT Freeport Indonesia secara rutin menganggarkan dana sebesar Rp 1 triliun setiap tahun. Dana itu digunakan untuk pengembangan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi pada masyarakat sekitar tambang.

Adapun tujuan pihak perusahaan terkait hal ini adalah agar PT Freeport Indonesia bisa terus berkembang dan tumbuh bersama masyarakat. Tony menjelaskan kebijakan itu bisa dilihat sebagai wujud nyata kontribusi PT Freeport Indonesia untuk mendukung pembangunan bangsa, khususnya di daerah Papua.

Tony meminta seluruh elemen di PT Freeport Indonesia untuk bisa bersyukur dan tentunya bangga karena perusahaan telah memberikan manfaat yang begitu besar kepada bangsa dan negara.

Bila melihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan, pada triwulan kedua tahun 2020 ini terjadi penurunan sebanyak 5,32 persen. Namun hal yang berbeda justru terjadi pada perekonomian Papua yang malah tumbuh positif sebanyak 4,52 persen.

Pihaknya menjelaskan jika faktor utama pendorongan pertumbuhan ekonomi Papua itu adalah berasal dari sektor pertambangan dan penggalian yang dimotori oleh PT Freeport Indonesia.

Lebih lanjut, upaya untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar tambang ini akan terus dilakukan setidaknya hingga tahun 2041, di mana saat itu kontraknya telah habis. Jumlahnya pun akan ditargetkan rata-rata sekitar Rp 14 triliun untuk setiap tahunnya.

Perusahaan saat ini berupaya untuk mengembangkan tambang bawah tanah mereka, setelah beralih dari penambangan terbuka karena cadangannya telah habis.

Tony Wenas pun mengingatkan agar seluruh elemen bisa memastikan kegiatan investasi ini bisa berjalan dengan lancar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya untuk perusahaan, namun juga bangsa dan negara secara lebih luas.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !