Detail Berita


Lima Kampus Pertambangan Terbaik di Dunia


"Colorado School of Mines"
Sumber gambar: mines.edu


Tanggal terbit: 19-08-2020

duniatambang.co.id - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang engineer. Terutama bagi para praktisi tambang yang ingin menimba ilmu lebih dalam lagi mengenai keterampilan pertambangan. Beberapa eksekutif di dunia pertambangan dan perminyakan, menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi terbaik dunia.

Dimana saja kah kampus tersebut?

Beberapa kampus di bawah ini merupakan kampus terbaik bagi yang ingin menimba ilmu pertambangan. Beberapa di antaranya termasuk ke dalam list perguruan tinggi dan program studi yang disediakan oleh beasiswa LPDP.

Berikut lima kampus terbaik pertambangan yang dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

1. Colorado School of Mines

Kampus yang terletak di Golden, Colorado ini tentunya sudah tidak asing di Industri pertambangan. Kampus yang memiliki panggilan “mines” oleh para mahasiswanya ini sudah berdiri sejak 1874. Mines menduduki peringkat satu dalam subjek minerals and metal sebagai kampus terbaik di dunia versi QS sejak tahun 2016 hingga 2019.

Setelah 146 tahun berdiri, mines berhasil melahirkan beberapa tokoh pertambangan hampir di seluruh dunia. Mereka di antaranya adalah tokoh pertambangan Indonesia, Beni Wahju yang juga merupakan salah satu pendiri PT Vale Indonesia. Untuk melanjutkan studi di mines, calon mahasiswa dapat mengajukan beasiswa LPDP dengan ketertuan tertentu. Terdapat 4 program yang ditawarkan mining engineering di Colorado school of mines, program tersebut yaitu undergraduate (sarjana), Graduate (Master), professional masters in mining engineering and management, dan underground construction and tunneling.

2. Curtin University

Australia merupakan salah satu negara yang maju berkat industri pertambangan. Perusahaan besar tambang seperti Rio Tinto, BHP Group, dan South32 berasal dari Australia. Berkembangnya industri tambang di Australia juga diiringi oleh kualitas pendidikan pertambangan yang dimiliki. Universitas Curtin menjadi salah satu kampus top di dunia dalam urusan pertambangan yang berlokasi di Australia. Ketika menempuh gelar mengenai pertambangan di Curtin, mahasiswa akan memiliki kesempatan unik untuk hidup dan belajar di salah satu wilayah pertambangan paling penting di Australia.

Setelah menyelesaikan satu atau dua tahun kuliah di Perth, mereka akan melanjutkan gelar di Kalgoorlie, kota pertambangan bersejarah di pusat industri emas dan nikel Australia. Pengalaman tersebut memberikan wawasan berharga mengenai industri pertambangan saat para mahasiswa berinteraksi dengan para profesional pertambangan dan memperoleh keterampilan praktis di lokasi pertambangan yang sesungguhnya. Inilah salah satu alasan mengapa Curtin University memperoleh peringkat kedua di dunia dalam teknik pertambangan dan mineral.

3. McGill University

Departemen Teknik Pertambangan McGill University merupakan departemen yang berkaitan dengan ilmu pertambangan tertua di Kanada. Berdiri sejak 1871, McGill University telah meluluskan insinyur pertambangan pertama di tahun 1873. Dalam perangkingan yang di rilis oleh QS University, McGill menempati peringkat ke 3 perguruan tinggi terbaik dengan subjek mineral and mining di dunia. Research utama yang dilakukan di universitas ini adalah sebagai berikut.

4. University of Western Australia

University of Western Australia (UWA) merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Perth, Australia. Jurusan Teknik Pertambangan tergabung di Faculty of Engineering and mathematical sciences. Spesialisasi Teknik Pertambangan di UWA mengintegrasikan pengetahuan tentang penambangan permukaan, penambangan bawah tanah, mekanika batuan, dan desain tambang dengan eksposur ke geologi, ilmu data, keuangan, dan manajemen. Mahasiswa akan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk menganalisis dan merancang metode penambangan yang paling sesuai untuk sebuah proyek, orang dan peralatan terbaik untuk digunakan, dan aplikasi teknologi terbaru yang paling sesuai.

Setelah lulus, mahasiswa akan ditempatkan secara ideal untuk mengejar karier yang menarik dan dihargai dengan baik, dapat melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Terdapat dua program yang ditawarkan oleh UWA dalam spesialisasi teknik pertambangan, yaitu undergraduate dan postgraduate (master of professional engineering). Program master Teknik Pertambangan yang dimiliki oleh UWA juga telah diakreditasi penuh oleh Engineers Australia.

4. University of Queensland

University of Queensland merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di Australia yang terletak di kota Queensland. Berdasarkan QS university, Universit of Queensland menempati posisi ke 48 perguruan tinggi terbaik dunia dan peringkat 5 dalam subjek minerals and mining engineering.  Program studi Mining engineering di University of Queensland tergabung dalam school of mechanical and mining engineering.

Selain 5 Kampus diatas, terdapat beberapa kampus pertambangan lainnya yang juga bisa dijadikan opsi, seluruh kampus ini masuk ke dalam list perguruan tinggi luar negeri yang disediakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) seperti Pennsylvania State University (AS), Queen’s University (Kanada), Technische Universitat Bargakademie Freiberg (Jerman),  The University of New South Wales (Australia), Universidad de Chile (Chili), dan University of British Columbia (Kanada).

 

Penulis : Ario Bhismo Nugroho

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !