Detail Berita


Aksi Borong Saham Oleh Warren Buffet, Bikin Harga Emas Kembali Naik


"Emas"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-08-2020

dunitambang.co.id - Harga emas ditutup dengan kenaikan sebesar dua persen pada perdagangan Senin (17/08). Faktor naiknya harga emas disebut akibat dari nilai tukar mata uang Dolar Amerika yang mengalami tekanan. Di sisi lain, rencana Warren Buffet yang tertarik untuk membeli saham milik perusahaan penambang emas, membuat minat para investor meningkat.

Di pasar spot terjadi kenaikan harga emas sebesar 1,9 persen berada di angka USD1.981,41 per ounce. Sementara harga emas berjangka Amerika ditutup dengan kenaikan sebanyak 2,5 persen di angka USD1.998,70 per ounce.

Terjadi perbandingan yang cukup mencolok dengan pekan lalu, di mana harga emas merosot cukup signifikan yang diakibatkan para investor menata kembali portofolio investasi mereka. Hal tersebut dikarenakan terjadi penurunan pada harga emas batangan di tanggal 7 Agustus lalu.

Para analis mengatakan penurunan harga emas pada pekan lalu itu diakibatkan oleh aksi spekulatif pada komoditas emas.

Diberitakan bahwa bursa di Amerika Serikat telah mendapatkan surat informasi pengajuan penanaman modal sebanyak 20,9 juta lembar saham. Adalah Berkshire Hathaway yang mengajukan pembelian saham itu kepada Barrick Gold Corp. yang selama ini dikenal sebagai perusahaan tambang terbesar di dunia.

Sejumlah analis memperkirakan bahwa berdasarkan aksi yang dilakukan oleh Warren Buffet itu, pada beberapa hari mendatang harga emas akan mengalami kenaikan cukup tajam. Diprediksi harga emas akan berada pada level USD2.000 per ounce.

Secara teknikal para analis memetakan sentimen itu semakin menguat, karena pada pekan lalu harga emas mengalami penurunan, sehingga para investor akan terdorong untuk melakukan pembelian.

Namun meski demikian, para analis memperkirakan jika kenaikan harga emas tidak akan lebih dari angka USD2.000 per ounce dan akan tetap bertahan pada sekitaran level tersebut untuk beberapa pekan mendatang.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !