Detail Berita


Teknologi ArtificiaI Intelligence Mengubah Industri Pertambangan di Masa Depan


"Ilustrasi artificial intelligent atau kecerdasa buatan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 18-08-2020

duniatambang.co.id - Dunia saat ini tengah berada dalam batas perubahan teknologi yang sangat besar. Industri pertambangan akan mendapatkan peluang perubahan teknologi yang besar pula. Perpaduan sejumlah teknologi menjadi satu kesatuan in lebih dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0. Salah satu pusat perhatian publik dalam Revolusi Industri 4.0 ini adalah keberadaan artificial intelligence (AI) atau lebih dikenal dengan kecerdasan buatan.

Baca juga: Peran Kecanggihan Teknologi dalam Pertambangan Modern

Secara garis besar, AI atau kecerdasan buatan ini adalah kemampuan mesin atau robot yang mampu melalukan simulasi fungsi kognitif yang dimiliki oleh manusia. Konsepnya yakni dalam proses mendapatkan informasi, mengolah dan mengeksekusi informasi dan proses dalam melakukan koreksi atas kesalahan yang mungkin terjadi.

Revolusi Industri 4.0 dengan adanya teknologi AI, akan mengubah dunia industri pertambangan setidaknya pada 30 tahun yang akan datang. Penerapan AI dalam industri pertambangan, mayoritas akan diberlakukan pada otomatisasi dan machine learning atau pembelajaran mesin.

Otomatisasi yang dimaksud adalah penerapan dalam proses pengerjaan tugas dalam jumlah besar dan berulang yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi oleh AI ini berbeda dengan otomatisasi mesin konvensional yang ada saat ini. Sebab AI bisa memiliki kemampuan beradaptasi dalam kondisi tertentu, yang tidak bisa dilakukan oleh mesin konvensional.

Sementara untuk machine learning atau pembelajaran mesin yakni sebuah sistem yang mampu bekerja atau beroperasi tanpa harus diprogram terlebih dahulu. Dalam hal ini sebagian besar mencakup dalam pemrosesan bahasa dan robotik.

Algoritma yang bisa diterapkan dalam hal ini mencakup ‘supervisi’, di mana data bisa ditandai dan proses bisa terdeteksi. Kemudian juga ‘tanpa supervisi’ di mana data hanya dilakukan penandaan menurut jenis masing-masing. Dan selanjutnya bisa juga menerapkan algoritma reinforcement learning di mana data yang ada tidak perlu ditandai, namun AI bisa memberikan respon.

Penerapan teknologi otomatisasi pada mesin di areal pertambangan saat ini, mampu membuat proses penambangan jauh lebih aman dan nyaman. Kehadiran AI akan membuatnya berada di level tertinggi, bahkan bisa dengan mudah melakukan kontrol khususnya pada kesehatan para pekerja yang tidak bisa dilakukan secara otomatis saat ini.

AI akan mampu memprediksi terjadinya kerusakan mesin atau peralatan, pergerakan tanah, dan deteksi resiko material berbahaya dengan melakukan analisis pada data yang sudah dikumpulkan.

Dampak dari perubahan teknologi akan mengubah sudut pandang dunia pertambangan yang selama ini didominasi oleh kaum pria. Otomatisasi dengan penggunaan teknologi AI bisa meningkatkan kemungkinan mempekerjakan karyawan wanita.

Salah satu contoh yang sudah ada yakni pada tambang yang dimiliki PT Freeport. Penggunaan teknologi otomatisasi, memungkinkan perusahaan merekrut kaum wanita untuk menjalankan truk-truk pengangkut material secara jarak jauh, tanpa harus berinteraksi langsung dengan kemudi truk.

 

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !