Detail Berita


Freeport Mulai Membangun Smelter di Gresik 2020



duniatambang.co.id – Kunjungan Menteri ESDM, Ignasius Jonan ke Amerika untuk bertemu petinggi Freeport berbuah manis. Konstruksi smelter PTFI yang sudah berjalan 3.86 % ini direncanakan mulai pada awal tahun 2020.

Freeport merencanakan akan membangun smelter di Gresik pada tahun 2020. Smelter ini dibangun di kawasan industri Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Saat ini, pemadatan tanah di Gresik sedang dilakukan untuk menunjang pembangunan smelter di Gresik. Dikarenakan besarnya konstruksi fasilitas smelter, pemadatan perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas tanah.

Pemadatan tanah dilakukan untuk mengurangi volume ruang udara pada partikel tanah (void) agar tanah tidak mengalami pergerakan ketika konstruksi bangunan sudah rampung. Dikuti dari detik.com (Dirut Freeport Tegaskan Smelter Rampung 2022), smelter Freeport memiliki kapasitas 2 juta dry metric ton (dmt) konsentrat Cu per tahunnya. Besarnya beban fasilitas smelter, pendekatan geoteknik seperti pemadatan tanah vital untuk dilakukan.

Dikutip dari detik.com (Konstruksi Smelter Freeport di Gresik Dimulai Awal 2020), Pembangunan smelter ini memakan biaya sebanyak US$ 35 miliar atau sama dengan Rp 42 Triliun . Besarnya biaya pembangunan smelter membuat PTFI sedang gencar – gencarnya untuk mencari hutang. Sejauh ini terdapat 15 bank yang berniat untuk memberikan hutang, baik lokal maupun asing.

Pembangunan smelter ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi Indonesia. Tidak hanya keuntungan dari sisi produksi tetapi juga kesejahteraan masyarakat sekitar smelter.

(FPL)