Detail Berita


Tambang Bawah Tanah Raksasa Dompu Simpan 1,7 Miliar Ton Potensi Mineral


"gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 13-08-2020

duniatambang.co.id - Tambang bawah tanah di Dompu, Nusa Tenggara Barat yang memiliki luas areal tambang yang sangat besar tak hanya mampu menyerap tenaga kerja. Namun, tambang tersebut juga diketahui menyimpang cadangan tembaga dan juga emas dengan jumlah yang fantastis. Diperkirakan tambang bawah tanah Dompu menyimpan 1,7 miliar ton, yang kemudian akan dieksploitasi hasil tambang berupa emas, tembaga dan sejumlah logam ikutan lainnya.

Rencananya, tambang bawah tanah Dompu bakal dikelola oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM). Pemerintah setempat menyebut saat ini perusahaan tengah melengkapi perizinan untuk bisa segera beroperasi. Terlebih PT Sumbawa Timur Mining telah menggelontorkan biaya lebih dari puluhan miliar untuk tambang tersebut.

Jika berjalan sesuai jadwal yang sudah diagendakan, PT Sumbawa Timur Mining akan mulai kegiatan eksplorasi Agustus 2020. Perpanjangan izin eksplorasi itu pun sudah diajukan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal tersebut juga termasuk pada kegiatan studi kelayakan.

Dengan jumlah cadangan mineral yang mencapai angka 1,7 miliar ton tersebut, maka tambang bawah tanah Dompu menjadi lebih besar daripada potensi yang ada di tambang Batu Hijau Sumbawa Barat, yang dimiliki oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

Dari laporan jumlah cadangan yang dimiliki PT Sumbawa Timur Mining untuk periode Desember 2019, tambang bawah tanah Dompu diketahui memiliki total sumber daya mineral tertunjuk sebesar 0,76 miliar ton. Dari jumlah tersebut diketahui masing-masing terdiri dari 0,93 persen berupa tembaga dan 0,56 g/t emas.

Lalu total sumber daya mineral tereka diketahui sebesar 0,96 miliar ton, di mana masing-masing berupa 0,87 persen tembaga dan 0,44 g/t emas. Selain jumlah tersebut, perusahaan memberikan target eksplorasi di area sekitar telah ditetapkan sebesar 0,6 - 1,7 miliar ton.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !