Detail Berita


Peran Kecanggihan Teknologi dalam Pertambangan Modern


"Pekerja di site pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-08-2020

duniatambang.co.id - Perkembangan kecanggihan teknologi dalam pembuatan kendaraan otomatis dan drone kini semakin menjadi bagian tak terpisahkan pada kehidupan sehari-hari. Namun sebelum banyak digunakan pada sektor tersebut, kecanggihan teknologi ini terlebih dahulu diterapkan pada sektor pertambangan.

Pesatnya perkembangan teknologi pada pengolahan dan pengiriman data pada awalnya lebih banyak digunakan pada kegiatan pertambangan. Membuat operasional tambang menjadi dua kali lipat lebih efisien. Operasional kerja pada setiap proses kegiatan tambang menjadi dasar sebuah inovasi manufaktur untuk menciptakan kehidupan yang lebih aman secara berkelanjutan.

Pada setiap proses kegiatan pertambangan, perusahaan tambang selalu berusaha menggunakan teknologi terkini untuk bisa menjangkau aset-aset vital, meningkatkan efisiensi dan produksi dan tentunya menekan serendah mungkin dampak buruk terhadap lingkungan.

Kegiatan eksplorasi untuk menemukan sumber cadangan mineral baru misalnya, kini didukung oleh penggunaan drone untuk bisa memantau area dan memetakan wilayah yang sulit dijangkau. Sehingga para pekerja bisa berada di tempat aman, sembari mengontrol drone untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi.

Sensor elektronik saat ini juga sudah sangat canggih, untuk bisa menemukan deposit mineral dalam kondisi yang sangat tidak mendukung sekalipun. Sehingga memungkinan kegiatan pengeboran yang jauh lebih dalam dari sebelumnya.

Mereka yang bergelut pada dunia pertambangan adalah orang-orang yang memahami teknologi digital. Hal ini tentunya membuka divisi jenis baru dalam sektor pertambangan dengan kemampuan spesial masing-masing seperti, mekanik, data system dan software manager, ahli sistem informasi geografis hingga operator drone dan kendaraan tanpa awak.

Penggunaan teknologi canggih dan modern juga sangat berperan dalam pengaplikasian fasilitas pertambangan. Bidang konstruksi misalnya, dengan menggunakan peralatan dan fasilitas teknologi tinggi, mampu meningkatkan efisiensi produksi perusahaan. Penggunaan perangkat lunak dengan teknologi canggih juga sangat membantu para karyawan mengerjakan tugas.

Sementara masalah keamanan dan kesehatan di pertambangan juga mendapatkan dukungan cukup besar dengan penggunaan teknologi modern. Beberapa di antaranya seperti penggunaan alat deteksi bencana, sehingga para pekerja bisa mendapatkan informasi terkini sebelum sebuah bencana terjadi. Hal ini tentunya bisa menekan risiko kecelakaan hingga begitu rendah.

Penggunaan kendaraan tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh untuk proses ekstraksi dan pengangkutan hasil tambang, juga mampu mengurangi angka risiko kecelakaan kerja, dan keamanan para karyawan pun semakin terjamin.

Dalam masalah pengendalian dan pelestarian lingkungan, sektor pertambangan juga berada di peringkat teratas. Pemanfaatan teknologi canggih dalam upaya reklamasi dan juga pembentukan kembali ekosistem, mendapatkan perhatian yang cukup serius dari perusahaan tambang.

Mulai dari penggunaan kendaraan teknologi hybrid untuk meningkatkan efisiensi, serta menekan emisi gas buang hingga penggunaan teknologi simulasi reklamasi untuk menentukan langkah yang tepat sasaran dengan hasil maksimal. Baik itu saat kegiatan pertambangan berlangsung atau proses reklamasi dan reboisasi setelah kegiatan pertambangan usai.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !