Detail Berita


Potensi Mineral Hasil Tambang Sebagai Penyelamat Nyawa di Sektor Kesehatan


"Ilustrasi alat tes genetik"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-08-2020

duniatambang.co.id - Sifat-sifat unik yang ada pada mineral hasil pertambangan telah menjadikannya sebagai bahan yang bernilai tinggi dan menjadi bagian dari inovasi teknologi, khususnya pada bidang kesehatan. Contohnya adalah mineral hasil tambang seperti tembaga dan perak yang menjadi bahan terpenting dalam pembuatan CT Scan, sementara lithium yang merupakan bahan utama dari baterai sebagai sumber daya utama alat penyelamat seperti defibrilator dan alat pacu jantung.

Kini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, ilmuwan juga telah menemukan lebih banyak lagi manfaat mineral hasil tambang, untuk kehidupan di masa depan yang lebih menjanjikan dalam hal kesehatan.

Seperti yang sudah banyak diberitakan media massa internasional, para ilmuwan di Universitas Queensland mengumumkan bahwa mereka berhasil mengembangkan sebuah teknologi nano. Teknologi tersebut yakni dengan memanfaatkan partikel emas yang berukuran sangat kecil untuk melacak keberadaan sel kanker pada pasien penderita melanoma.

Teknologi itu tentunya sangat membantu para dokter dan petugas medis untuk menerapkan perawatan yang paling tepat dan efektif serta bisa memprediksi hasil dari perawatan itu nantinya.

Lebih lanjut, ilmuwan Jing Wang yang terlibat dalam uji coba itu menjelaskan metode dan bagaimana cara kerjanya. Partikel spesial yang ada dalam emas dan berukuran nano tersebut dimasukkan dalam antibodi yang disuntikkan ke tubuh. Nantinya di dalam tubuh, partikel itu akan bereaksi dan menempel pada protein yang ada pada beragam sel tumor atau sel kanker.

Ketika menemukan sel kanker, partikel nano itu akan mengirimkan sinyal dengan gelombang tertentu, tergantung dari karakteristik sel kanker yang ditempeli. Ilmuwan pun kemudian bisa melakukan analisa dari sinyal yang dikirimkan untuk bisa mengetahui perawatan seperti apa yang cocok untuk membunuh sel kanker itu.

Ada juga studi lain yang menemukan pemanfaatan dari Graphene yang bisa meningkatkan kualitas perawatan penyakit jantung. Graphene merupakan mineral tambang yang mampu menghantarkan listrik yang dihasilkan oleh otot-otot jantung saat bekerja. Di mana hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh material sejenis kaca dan plastik, yang selama ini paling banyak digunakan di dunia medis sebagai bahan penopang organ.

Di masa depan, para ilmuwan memprediksi bahwa Graphene bisa mengarah pada pengembangan alat pacu jantung yang jauh lebih canggih. Dari dua penemuan diatas bisa disimpulkan, bahwa keberadaan mineral tambang bisa memberikan dampak dan membantu pada kemajuan teknologi di bidang kesehatan.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !