Detail Berita


Pentingnya Cybersecurity pada Industri Digital Pertambangan


"Encryption Bottom on Keyboard"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-08-2020

duniatambang.co.id – Digitalisasi merupakan proses suatu organisasi bergerak dari proses analog menuju proses digital. Sebagai contoh yang sederhana, digitalisasi mengubah penggunaan kertas dalam perusahaan menjadi paperless atau penyimpanan data ke dalam perangkat digital yang dapat memudahkan proses kerja dari perusahaan. Adapun, keuntungan dari digitalisasi meliputi, tidak terkendala oleh waktu dan tempat, hemat biaya, memberikan kemudahan, dapat menjangkau global, dan sebagainya.

Industri pertambangan baik di Indonesia, maupun di dunia sedang melakukan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi operasi. Digitalisasi diterapkan melalui penggunaan otomasi dan perangkat internet of things (IoT) yang mendukung operasi di lapangan pertambangan. Namun, dalam pengembangan teknologi operasi (OT) telah membuka kesempatan ancaman tertentu datang, yaitu cybercrime. Ancaman dunia maya ini terhadap operasi penambangan adalah nyata dan tim teknologi yang ditugaskan untuk melindungi kepentingan perusahaan dari serangan ini dihadapkan pada tugas yang berat.

Secara konvensional,  industrial control system (ICS) memiliki batasan dengan sistem teknologi informasi (IT), yang dapat melindungi sistem ICS dari ancaman keamanan IT. Namun, seiring untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan dan efisiensi operasional pabrik teknologi Industrial Internet of Things (IIoT) telah dikembangkan dan diterapkan sehingga menyebabkan tidak ada lagi batasan antara IT dan OT. Sistem operasional yang tadinya analog ini sekarang sudah terhubung ke seluruh jaringan perusahaan pertambangan dan sebagai hasilnya, terkena berbagai ancaman dunia maya baru. Integrasi IT dan OT telah mengungkapkan tantangan fisibilitas terkait dengan pengembangan OT atau operational technology ini.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !