Detail Berita


Arifin Tasrif Resmi Lantik Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin


"Ridwan Djamaluddin"
Sumber gambar: Dokumen Dunia Tambang/FPL


Tanggal terbit: 10-08-2020

duniatambang.co.id – Menteri ESDM Arifin Tasrif resmi melantik Ridwan Djamaluddin sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Senin (10/08/20) di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta.

Ridwan menggantikan Bambang Gatot Ariyono yang pensiun sejak Mei 2020 lalu. Kursi Dirjen Minerba yang beberapa bulan ini kosong sudah semestinya harus diisi mengingat pekerjaan rumah Ditjen Minerba yang menumpuk.

Ridwan sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin oleh Luhut Binsar Panjaitan.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Dirjen Minerba Baru, Ridwan Djamaluddin!

Kabar terpilihnya Ridwan Djamaluddin sebagai Dirjen Minerba telah beredar dari pekan lalu. Namun, saat itu belum diketahui secara pasti waktu pelantikan atau peresmian Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin.

Pelantikan Dirjen Minerba ini banyak mendapatkan ucapan selamat baik dari asosiasi pertambangan seperti Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi). Selain itu, Ridwan juga mendapatkan selamat melalui karangan bunga dari Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

Ridwan mengaku ada banyak tugas dan hal-hal yang akan beliau garap setelah resmi menjabat sebagai Dirjen Minerba. Termasuk perpanjangan kontrak PKP2B, hilirisasi, dan investasi di bidang pertambangan.

Ridwan akan melakukan reformasi dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan di Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM.

Sebagai informasi, Ridwan Djamaluddin merupakan lulusan Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1989. Ridwan melanjutkan gelar Master di Belanda pada tahun 1991. Kemudian meneruskan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) di Texas A&M University pada tahun 1995.

Sebelum di Kemenko Marves, Ridwan telah bergeliat di sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selain itu, Ridwan pun turut aktif pada berbagai organisasi keprofesian seperti  Ikatan Ahli Kebencanaan, Ikatan Sarjana Oseanologi, Persatuan Insinyur Indonesia, Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !