Detail Berita


Alasan Perusahaan Tambang Butuh Jasa Kontraktor Tambang


"Excavator Backhoe di Site Pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-08-2020

duniatambang.co.id - Setiap harinya para pekerja di pertambangan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggali mineral tambang, baik di atas maupun di bawah tanah. Entah itu mengekstraksi mineral atau logam berharga, proses operasional itu tak lepas dari penggunaan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Baik untuk mengangkut hasil tambang maupun mengangkut para pekerja.

Oleh karena itu, keberadaan kendaraan tersebut sangat krusial bagi keberlangsungan perusahaan. Dari segi pengangkutan hasil tambang, dibutuhkan beragam jenis truk yang berbeda tergantung dari besaran dan jenis mineral yang ditambang.

Karena kebutuhan alat transportasi yang beragam dan tidak sedikit, maka perusahaan tambang dihadapkan dengan pilihan memiliki kendaraan sendiri atau bekerja sama dengan kontraktor pertambangan yang menyediakan kendaraan yang sesuai dengan sistem sewa.

Menyewa Atau Membeli Kendaraan

Memang akan terasa sangat istimewa jika memiliki kendaraan transportasi sendiri sebagai operasional, sampai sejumlah masalah muncul. Kendaraan yang sudah dimakan usia, akan menjadi sangat merepotkan dan tidak sebanding dengan harganya. Anggaran perusahaan bisa keluar cukup besar hanya untuk melakukan pemeliharaan, terlebih jika ada suku cadang yang mengalami kerusakan. Belum lagi, jika jumlah kendaraan itu cukup banyak.

Menanggapi permasalahan ini, bekerja sama dengan pihak ketiga yang menyediakan persewaan kendaraan bisa dijadikan solusi terbaik. Alih-alih masuk sebagai kebutuhan modal dengan membeli kendaraan, menyewa kendaraan bisa digolongkan dalam anggaran operasional. Langkah ini juga bisa dijadikan sebagai strategi penghematan dan efisiensi.

Modernisasi dan Pemeliharaan

Dalam beberapa kasus, perusahaan tambang membutuhkan solusi transportasi yang tepat untuk mendukung operasional sehari-hari. Dalam hal ini, meliputi pemeliharaan kendaraan, modernisasi hingga masalah perizinan serta registrasi kendaraan. Biasanya penyedia jasa kontraktor pertambangan, tak hanya menyediakan kendaraan saja, namun juga menangani permasalahan tersebut.

Kontraktor tambang biasanya juga menawarkan solusi perencanaan kebutuhan transportasi untuk bisa memberikan solusi tepat dalam memaksimalkan kinerja, modernisasi kendaraan, mengurangi resiko hingga efisiensi waktu dan biaya.

Memilih Perusahaan Rekanan Penyedia Kendaraan

Kegiatan pertambangan tidak bisa dijalankan dengan strategi “One Size Fits All”, sebab setiap perusahaan memiliki kebutuhan operasional yang berbeda-beda. Sehingga adalah hal yang sangat penting untuk memilih jasa kontraktor tambang yang benar-benar mengerti kebutuhan perusahaan.

Perusahaan jasa kontraktor tambang itu harus bisa memahami dan mengerti dengan baik apa saja yang dibutuhkan perusahaan tambang. Serta memberikan solusi dari permasalahan yang dialami oleh perusahaan.

 

Penulis : Edo Fernando
Editor   : Faris Primayudha
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !