Detail Berita


Yuk Kenalan dengan Dirjen Minerba Baru, Ridwan Djamaluddin!


"Ridwan Djamaluddin"
Sumber gambar: bppt.go.id


Tanggal terbit: 06-08-2020

duniatambang.co.id - Kursi Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM kosong sejak Bambang Gatot Ariyono memasuki masa purna bakti pada Mei 2020 lalu. Sebelumnya, Kementerian ESDM telah berhasil memilih enam nama untuk menjadi kandidat calon Dirjen Minerba.

Dari enam kandidat tersebut, Ridwan Djamaluddin disebut-sebut menjadi kandidat terpilih mengisi kursi Dirjen Minerba. Nama Ridwan memang sudah tidak asing lagi di dunia pertambangan, lantaran ia aktif berkecimpung di organisasi dan berperan dalam industri pertambangan.

Baca juga: Nakhoda Dirjen Minerba Terpilih, Ridwan Djamaluddin Anak Buah Luhut Siap Melenggang

Ridwan merupakan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi pada tahun 2015-2020. Ridwan berperan menjadi unsur pelaksana tugas dan fungsi Kemenko bidang Kemaritiman terkait isu di bidang infrastruktur, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. 

Pria kelahiran Bangka, 24 Maret 1963 tersebut menempuh pendidikan Jurusan Teknik Geologi ITB pada 1982. Setelah kuliah, beliau mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan teknokrat di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kemudian pada tahun 1991-1993, dia mengambil gelar Master di Belanda dan pada tahun 1995-1999 meneruskan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) di Texas A&M University, Amerika Serikat, Jurusan Geology/Earth Science.

Sebelum menjadi Deputi di Kemenko Marves, Ridwan sempat menjabat sebagai Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pada tahun 2010-2015. Pada masa tersebut, Ridwan mengembangkan teknologi penginderaan jarak jauh, tsunami dan memegang rekor muri untuk ekspedisi laut.

Ridwan pun aktif dalam beberapa organisasi yaitu Ikatan Ahli Kebencanaan, Ikatan Sarjana Oseanologi, Persatuan Insinyur Indonesia, Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia.

Selain Ridwan, ada lima nama yang dicalonkan menjadi Dirjen Minerba. Nama-nama tersebut adalah Agung Pribadi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publikm dan Kerjasama atau juru bicara Kementerian ESDM, Muhammad Priharto Dwinugroho yang merupakan Kepala Pusat Pengembangan SDM Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba).Kemudian, Sujatmiko yang merupakan Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Dirjen Minerba Kementerian ESDM, dan Yohannes Yudi Prabangkaara, Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur dan Transparan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Serta Yunus Saefulhak, yang merupakan Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Kementerian ESDM.

Keenam nama tersebut selama ini memang sangat aktif dalam dunia pertambangan khususnya menangani sejumlah urusan perusahaan tambang yang ada di Indonesia.

Informasi soal pengangkatan Ridwan sebagai Dirjen Minerba sudah beredar sejak Rabu sore (05/08/2020). Kementerian ESDM membenarkan bahwa posisi Dirjen Minerba yang kosong sejak Mei 2020 lalu sudah terisi.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !