Detail Berita


Lima Rekomendasi Tempat Wisata Geologi di Indonesia


"Karst Sangkulirang Mangkalihat – Kalimantan Timur"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 06-08-2020

duniatambang.co.id – Situs wisata yang berbasis geologi menjadi salah satu alternatif untuk liburan. Selain memberikan pemandangan yang memanjakan mata, wisata geologi dapat menjadi sarana edukatif bagi para wisatawan.

Ada lima rekomendasi tempat wisata geologi yang dapat bisa Anda kunjungi. 

1. Karst Sangkulirang Mangkalihat – Kalimantan Timur

Berkunjung ke Tanah Borneo tidak melulu soal hutan, ada salah satu wisata unik yaitu Karst Sangkulirang Mangkalihat. Kawasan ini dikelilingi oleh dinding terjal sehingga menyajikan pemandangan eksotis berupa gua bawah tanah, perbukitan hijau, serta batuan karst berukuran raksasa yang membentang dari Kabupaten Kutai Timur hingga Kabupaten Berau. Hal unik pada kawasan ini adalah adanya informasi berupa jejak manusia purba berupa lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar pada dinding gua dan telah ada sejak 10.000 SM. Selain itu ditemukan pula tulang, wadah yang terbuat dari tanah liat serta alat-alat yang terbuat dari batu. Kawasan karst ini juga memiliki gua berlorong panjang dengan ornament alam berupa stalaktit dan stalakmit pada bagian atas dan bawah gua. Ada pula hewan endemik Kalimantan Timur yaitu orang utan pada kawasan karst ini.

2. Gunung Anak Krakatau - Lampung

Gunung Anak Krakatau - Lampung (Sumber: kupastuntas.co)

Gunung Anak Krakatau merupakan anak dari Gunung Krakatau, Gunung ini terbentuk akibat letusan erupsi Gunung Krakatau pada abad ke 19. Jika berwisata ke Anak Krakatau, kalian akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan laut luas di sekitar Pulau Rakata dan Pulau Panjang, selain itu terdapat pula destinasi bahari berupa Lagon Cabe yang akan membuat kalian terpukau dengan keindahan terumbu karang dan kejernihan air yang dapat dinikmati dari atas kapal.

Baca juga: Mengenal Geologi Daerah Martapura, Kota Penghasil Berlian di Indonesia

3. Gua Es Cartensz – Jayapura

Gua Es Cartensz – Jayapura (Sumber: WowKeren.com)

Mengunjungi bagian timur Indonesia seringkali menjadi sebuah pengalaman baru apalagi jika kita mengunjungi sebuah gua es yang terletak di Puncak Cartensz Timur, Jayapura. Tak seperti wisata lainnya, Puncak Cartens menyajikan pemandangan berupa salju abadi dan gua es di negara tropis ini. Namun, jika ingin berkunjung ke Gua Es, pastikan kondisi badan dalam keadaan prima mengingat suhu yang cukup rendah.

4. Gua Gong – Pacitan, Jawa Timur

Gua Gong – Pacitan, Jawa Timur (Sumber: faktualnews.co)

Wisata Gua di Pacitan sudah menyebar hingga ke Asia Tenggara, salah satunya adalah Gua Gong yang memiliki pesona stalaktit dan stalagmit yang bisa kalian lihat jika menyusuri gua ini. Gua Gong muncul akibat adanya aktivitas vulkanik dan gerak termik yang berlangsung ribuan tahun silam. Stalaktit dan stalagmite yang ada pada Gua Gong ini mengalami pertumbuhan memanjang oleh proses ilmiah antara udara dan air. Di dalam Gua Gong, kalian bisa melihat sebuah danau kecil yang terbentuk dari rekahan endapan kalsium dan tetesan air di ujung Gua.

Baca juga: Wisata Taman Geologi Dunia yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!

5. Tebing Breksi – Jogjakarta

Tebing Breksi – Jogjakarta (Sumber: berwisata.org)

Tebing Breksi merupakan wisata geologi yang awalnya berupa bekas tambang yaitu tambang batu kapur, menyajikan hal unik berupa adanya ukiran-ukiran di dinding yang menggambarkan kisah budaya berupa ukiran wayang. Tebing ini terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik dari Gunung Nglanggran di Gunung Kidul.

 

Penulis : Anisa Nur Adnin

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !