Detail Berita


Nakhoda Dirjen Minerba Terpilih, Ridwan Djamaluddin Anak Buah Luhut Siap Melenggang


"Ridwan Djamaluddin"
Sumber gambar: Dokumentasi Kegiatan Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI)


Tanggal terbit: 05-08-2020

duniatambang.co.id – Jakarta. Posisi Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) akhirnya terisi oleh salah satu Kepala Deputi yang berasal dari luar instansi Minerba. Kementerian ESDM beberapa bulan terakhir telah menyaring enam nama untuk mengisi posisi tersebut.

Baca Juga:  Wah Dua Kursi Dirjen di Kementerian ESDM Masih Kosong

Dari informasi yang dikumpulkan oleh duniatambang.co.id, Ridwan Djamaluddin nantinya akan menggantikan Bambang Gatot Ariyono sebagai Dirjen Minerba yang baru. Sebelumnya, Ridwan menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Selain itu, Ridwan juga merupakan merupakan Ketua Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2018 – 2020 dan sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Geologi Indonesia (IAGI). Dalam pendidikannya, Ridwan merupakan lulusan S1 dari Teknik Geologi ITB (1989) dan melanjutkan Pendidikan S2 dengan bidang Geomorfologi ITC Belanda (1993), serta melanjutkan S3 nya dalam bidang Geografi di Texax A&M University Amerika Serikat (1999).

Sebenarnya, Kementerian ESDM telah merilis enam kandidat yang berhasil masuk dalam bursa pemilihan Dirjen Minerba, dimana empat diantaranya berasal dari internal Kementerian ESDM: Agung Pribadi (Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama), Mohamad Priharto Dwinugroho (Kepala Pusat PPSDM Geominerba), Sujatmiko (Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara), Yunus Saefulhak (Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral), sedangkan dua nama lainnya yaitu Ridwan Djamuluddin (Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi) dan Yohannes Yudi Prabangkara (Asisten Deputi Industri Penunjang Infrastruktur) berasal dari Kementerian Marves

Saat ini, banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh Dirjen Minerba baru, dimana UU No. 3 tahun 2020 telah diresmikan pada bulan lalu dan perlu adanya peraturan-peraturan turunan yang perlu diselesaikan.

Baca Juga: UU Minerba Baru Sah Diundangkan, Gubernur Tidak Diperkenankan Mengeluarkan Perizinan Minerba

Hingga kini, memang belum ada informasi resmi yang menyatakan terpilihnya orang yang menahkodai di Ditjen Minerba, Kementerian ESDM. Tetapi dari beberapa data yang dikumpulkan, memang telah terpilih mengerucut pada satu nama dan tinggal menunggu pelantikan.

 

Penulis : Faris Primayudha

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !