Detail Berita


Nyari Emas di Sungai? Kok Bisa?


"Pendulangan emas di sungai"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-08-2020

duniatambang.co.id - Fenomena covid-19 di Indonesia belum berakhir. Masih banyak warga yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan pasca di-PHK dari tempat sebelumnya bekerja.

Baru-baru ini, warga Desa Popalia, Kecamatan Tanggaetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menemukan emas di Sungai Landaka. Beberapa warga memanfaatkan temuan ini sebagai sumber mata pencaharian akibat tidak mendapat pekerjaan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sebenarnya tidak hanya di Sulawesi, beberapa sungai seperti di Banyumas, Jawa Tengah hingga di Kalimantan juga terdapat sungai yang mengandung emas. Lalu bagaimana bisa sungai tersebut mengandung emas?

Secara sederhana, ketedapatan deposit emas di alam dibedakan menjadi dua tipe, yaitu keterdapatan sebagai urat atau vein yang umumnya berada di bawah permukaan dan keterdapatan sebagai endapan. emas yang ditemukan pada sungai dikategorikan sebagai endapan atau biasa disebut dengan endapan deposit emas plaser. Emas plaser terbentuk akibat proses transportasi dari batuan induk yang berpindah akibat adanya erosi, dan atau terbawa oleh angin dan air ke tempat yang relatif lebih landai kemudian terendapkan. Proses pengendapan terjadi dikarenakan massa jenis dari emas yang relatif tinggi dibandingkan sekitarnya.

Suatu deposit emas dapat terbentuk sebagai deposit plaser, tetapi harus memiliki beberapa sifat fisik berikut. High specific density akan mendukung emas untuk mudah terpisahkan dengan mineral bawaan lainnya. Emas juga harus memiliki sifat chemical resistance dikarenakan selama proses pembentukannya, pelapukan kimia akan sangat mungkin terjadi. Kemudian, durability juga menjadi poin utama agar emas yang tertransportasi tidak hancur dapat membentuk endapan emas plaser.

Pengambilan sampel emas plaser umumnya menghadapi beberapa masalah, yaitu pelapisnya memiliki variasi ukuran yang luas. Selain itu, persebaran emas plaser sering kali tidak menentu. Beberapa masalah ini membuat kondisi pengambilan sampel sulit untuk dilakukan. Cara sederhana yang saat ini banyak dilakukan oleh warga awam adalah dengan melakukan pendulangan langsung dengan alat-alat yang sederhana.

Jadi, sudah cukup jelas bukan kenapa sih ada emas di sungai. Tapi yang diperlu diingat adalah tidak semua sungai mengandung emas. Sungai yang terdapat emas umumnya sungai yang dekat dengan lokasi endapan primer terbentuknya emas. Selain itu, banyak faktor lainnya yang menyebabkan suatu sungai ada atau tidak kandungan emasnya.

 

Penulis : William Jhanesta

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !