Loading...
image

"Pendulangan emas di sungai"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 5 August 2020 / 0 Komentar

PREMIUM Mineral Emas 

Nyari Emas di Sungai? Kok Bisa?

duniatambang.co.id - Fenomena covid-19 di Indonesia belum berakhir. Masih banyak warga yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan pasca di-PHK dari tempat sebelumnya bekerja.

Baru-baru ini, warga Desa Popalia, Kecamatan Tanggaetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menemukan emas di Sungai Landaka. Beberapa warga memanfaatkan temuan ini sebagai sumber mata pencaharian akibat tidak mendapat pekerjaan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sebenarnya tidak hanya di Sulawesi, beberapa sungai seperti di Banyumas, Jawa Tengah hingga di Kalimantan juga terdapat sungai yang mengandung emas. Lalu bagaimana bisa sungai tersebut mengandung emas?

Secara sederhana, ketedapatan deposit emas di alam dibedakan menjadi dua tipe, yaitu keterdapatan sebagai urat atau vein yang umumnya berada di bawah permukaan dan keterdapatan sebagai endapan. emas yang ditemukan pada sungai dikategorikan sebagai endapan atau biasa disebut dengan endapan deposit emas plaser. Emas plaser terbentuk akibat proses transportasi dari batuan induk yang berpindah akibat adanya erosi, dan atau terbawa oleh angin dan air ke tempat yang relatif lebih landai kemudian terendapkan. Proses pengendapan terjadi dikarenakan massa jenis dari emas yang relatif tinggi dibandingkan sekitarnya.

ini adalah berita Premium, jika kamu adalah user premium silahkan login untuk melihat berita lengkapnya.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar