Detail Berita


Taman Reklamasi Tuban, CSR PT Semen Gresik yang Kini Jadi Tempat Wisata


"Arboretum Bukit Herbal Semen Gresik"
Sumber gambar: naked-traveler.com


Tanggal terbit: 04-08-2020

duniatambang.co.id - Wilayah Tuban, Jawa Timur terkenal dengan banyaknya hamparan bukit kapur. Industri pertambangan kapur pun tumbuh subur di wilayah ini. Banyak perusahaan yang menjadikan Tuban sebagai target eksplorasi dan ekstraksi mineral kapurnya. Salah satunya adalah PT Semen Gresik, yang memiliki beberapa tambang kapur di wilayah itu.

Kawasan yang dikenal memiliki banyak sekali lahan bukit kapur itu salah satunya adalah di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek yang sudah lama digali mineral kapurnya oleh PT Semen Gresik. Namun kini cadangan kapurnya sudah habis dan tambang sudah tidak beroperasi lagi.

Banyak masyarakat pun beranggapan wilayah itu menjadi tandus dan gersang serta menyisakan banyak lubang dan gua galian. Namun oleh PT Semen Gresik, area bekas tambang tersebut mereka sulap menjadi sebuah sarana rekreasi bernama Taman Reklamasi.

Anggapan kondisi lahan yang gersang dan tandus itupun seraya hilang, karena ketika berada di sana tempat tersebut justru penuh dengan pepohonan dan tumbuh-tumbuhan. Suasananya pun terasa sangat asri. Benar-benar jauh dari kesan ekosistem yang rusak, yang selama ini khas melekat pada lokasi bekas tambang.

Taman Reklamasi tersebut menjadi komitmen dari PT Semen Gresik sebagai perwujudan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan setelah operasional tambang berakhir. Taman Reklamasi hasil dari program CSR perusahaan itupun kini menjadi salah satu tempat tujuan wisata masyarakat Tuban dan sekitarnya.

Tata kelolanya pun digarap sangat serius sehingga dari pengamatan awam tidak terkesan sebuah program yang asal-asalan. Taman Reklamasi itu mulai digarap pada tahun 2016 lalu di atas sebuah lahan bekas tambang kapur seluas 1000 m2. Taman tersebut didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan hijau, asri dan sejuk.

Taman Reklamasi Tuban dibagi menjadi dua bagian, yakni area Arboretum Bukit Herbal dan Arboretum Bukit Daun. Untuk area Bukit Herbal ditanami oleh beragam tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat. Meliputi, jahe merah, lengkuas, kunir putih, temulawak dan lain-lain.

Sementara area Bukit Daun ditanami oleh tumbuhan langka. Area tersebut dikhususkan sebagai bahan edukasi, agar masyarakat khususnya anak-anak bisa mengenal berbagai jenis tanaman langka, sehingga bisa menumbuhkan rasa cinta lingkungan.

Taman Reklamasi menjadi bukti, bahwa dengan pengelolaan yang baik, maka potensi kerusakan lingkungan akan bisa ditekan serendah mungkin. Bahkan bisa dijadikan sebagai kawasan yang memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !