Detail Berita


Sektor Tambang Jadi Penyelamat Kalsel dari Resesi Ekonomi


"Pemuatatan bahan galian ke dalam alat angkut"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 04-08-2020

duniatambang.co.id - Banyak pengamat yang memberikan pandangan mereka terkait kemungkinan terjadinya resesi ekonomi yang akan menimpa Indonesia pada tahun ini. Resesi ekonomi kali ini, disebut-sebut menjadi yang pertama sejak krisis 98 silam. Namun demikian, wilayah Kalimantan Selatan dianggap bakal kuat dalam menghadapi hantaman resesi ekonomi tersebut.

Jika dilihat secara makro, fundamental perekonomian di wilayah Kalimantan Selatan memiliki daya tahan yang sangat baik dalam menghadapi resesi ekonomi. Faktor utamanya karena Kalimantan Selatan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Di sini sektor pertambangan dan pertanian memiliki peranan yang cukup penting.

Selama ini sektor pertambangan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perekonomian. Didukung juga sektor pertanian, di mana pemerintah pusat telah menetapkan Banua sebagai penyangga pangan nasional. Dalam hal ini, pemerintah pusat memberikan dorongan melalui penyediaan fasilitas, sehingga kegiatan produksi bisa berjalan maksimal.

Seperti yang sudah diketahui, wilayah Kalimantan Selatan selama ini selalu menjadi penyumbang terbesar produksi batubara, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik hingga diekspor ke pasar internasional. Dari situ, sudah bisa diketahui besaran pendapatan yang diterima pemerintah daerah yang kemudian mampu dijadikan tumpuan ketika kondisi ekonomi global mengalami resesi.

Adapun kemungkinan Indonesia mengalami resesi ekonomi cukup besar, seiring diberlakukannya kebijakan new normal. Suatu negara dikatakan masuk dalam resesi, apabila dalam dua kuartal berturut-turut perekonomian mengalami koreksi. Sementara Indonesia sendiri pada tahun ini diprediksi akan mengalami pelemahan ekonomi hingga 3 persen.

Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi, jika hingga kuartal keempat kasus baru dari virus Corona terus mengalami peningkatan. Oleh karenanya para pengamat menyarankan adanya kebijakan semacam PSBB untuk menekan penyebaran virus Corona, yang berujung pada pelemahan ekonomi secara nasional.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !