Detail Berita


Penjualan Freeport Turun pada Semester Pertama 2020


"Penambangan di PT Freeport Indonesia"
Sumber gambar: ptfi.co.id


Tanggal terbit: 03-08-2020

duniatambang.co.id - Laporan kinerja PT Freeport Indonesia untuk semester pertama tahun 2020 ini cukup bervariasi. Perusahaan mencatatkan adanya peningkatan volume produksi untuk komoditas tembaga dan emas. Namun sayangnya, penjualan kedua komoditas itu justru merosot.

Merujuk pada laporan pada situs resmi PT Freeport Indonesia, pada semester pertama tahun 2020 terjadi peningkatan produksi tembaga sebesar 18,88 persen year on year, dari 270 juta pounds pada periode yang sama tahun lalu menjadi 321 juta pounds.

Sementara catatan penjualan untuk komoditas tembaga tersebut mengalami penurunan sebesar 8 persen year on year. Di mana pada periode yang sama tahun 2019 lalu, mampu menjual tembaga sebanyak 325 juta pounds dan turun menjadi 299 juta pounds.

Kemudian untuk produksi komoditas emas PT Freeport Indonesia pada semester pertama tahun 2020, mencapai angka 341.000 ounces. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 7,91 persen year on year jika dibandingkan pada periode yang sama tahun 2019, yang hanya sebesar 316.000 ounces.

Namun untuk penjualan emas, PT Freeport Indonesia mengalami penurunan sebanyak 24,04 persen year on year, jika dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu. Untuk semester pertama tahun ini penjualan emas PT Freeport Indonesia mencapai angka 319.000 ounces, sementara tahun lalu 420.000 ounces.

Sejumlah analis memperkirakan untuk penjualan konsolidasi PT Freeport Indonesia pada tahun ini bisa mendekati angka angka 770 juta pound untuk komoditas tembaga. Sementara komoditas emas diperkirakan bisa berada pada angka 0,8 juta pounds.

Adapun yang memperkuat perkiraan tersebut dikarenakan PT Freeport Indonesia tengah gencar meningkatkan produksi di tambang bawah tanahnya. Sehingga peningkatan produksi yang cukup pesat akan mulai dirasakan pada tahun 2021 mendatang. Pihak perusahaan sendiri mengatakan bahwa target itu optimis bisa tercapai sesuai dengan jadwal yang sudah dicanangkan sebelumnya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !