Detail Berita


Pentingnya Transformasi Digital Operasional Tambang dalam Menghadapi New Normal


"Penambangan batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 03-08-2020

duniatambang.co.id - Ketika seluruh organisasi kesehatan dunia terus melakukan evaluasi kebijakan new normal saat pandemi, ada hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja di industri pertambangan. Berlakunya kebijakan new normal, maka para pekerja akan kembali menjalankan kegiatan produksi ke lapangan. Dalam hal ini masalah kesehatan para pekerja harus lebih mendapatkan perhatian dari perusahaan, ketimbang pada kondisi sebelumnya.

Dengan prediksi wabah pandemi masih akan terus berlangsung hingga waktu yang belum bisa dipastikan, lembaga dan organisasi medis serta pemerintah akan terus menekankan pada perusahaan tambang, untuk semakin memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Lalu, apa saja langkah terbaik yang bisa dilakukan perusahaan tambang untuk menyiasati pemberlakuan kebijakan new normal ini?

Para pelaku industri pertambangan wajib melakukan transformasi secara besar-besaran di setiap level kegiatan operasional. Mulai dari masalah manajemen pekerja hingga penerapan teknologi terbaru. Hal ini juga sebagai langkah dalam melakukan efisiensi untuk menekan biaya di kala kondisi ekonomi yang terdampak wabah pandemi.

Sebagai bagian dari langkah transformasi operasional tambang, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Kesehatan dan keselamatan seluruh tenaga kerja adalah yang paling utama. Buat aturan dan lengkapi prasarana untuk menerapkan protokol physical distancing dan selalu melakukan evaluasi.

2. Tinjau kembali kebiasaan yang selama ini dijalankan perusahaan. Atur penjadwalan untuk memastikan para pekerja benar-benar aman secara fisik. Pengaturan ini termasuk dengan meninjau kembali keahlian, peran dan tugas masing-masing pekerja.

3. Penerapan work from home membuat mindset dan perilaku para pekerja berubah. Setelah lama bekerja dari rumah, tentu para pekerja akan merasakan suasana yang berbeda, merasa tidak nyaman yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kinerja mereka. Solusinya adalah dengan mengubah tugas-tugas mereka, menempatkan pekerja di area yang baru.

4. Berinvestasi pada teknologi terbaru. Dalam kegiatan operasional pertambangan, melakukan investasi besar terhadap teknologi terbaru serta memiliki pola pikir menuju transformasi digital menjadi kunci utama. Ketika mindset dan cara berperilaku diubah menjadi lebih modern, maka kegiatan operasional akan menyesuaikan dengan sendirinya. Dengan berfokus pada penerapan teknologi terbaru, maka seluruh masalah yang mungkin timbul, akan bisa diselesaikan lebih efektif.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !