Detail Berita


Pengaruh Perang Dagang AS-China Terhadap Harga Emas



duniatambang.co.id – Beberapa waktu silam ini perang dagang Amerika dengan China kian memanas. Naik – turunnya tensi perang dagang membuat para investor beralih ke investasi yang lebih aman seperti emas. Ketidakstabilan dari perang dagang membuat harga emas menguat. Walaupun, pada Senin (17/6/2019), harga emas sempat menurun.

Dikutip dari cnbcindonesia.com (Investor Wait and See, Harga Emas Tetap Tinggi), harga emas di bursa New York Commodity Exchange (COMEX) turun ke posisi US$ 1.342,8/troy ounce. Hal ini membuat emas turun tipis 0,05%.

Tidak hanya harga emas di USA, harga emas Antam juga terkena pengaruh dengan perang dagang. PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) naik menjadi Rp 632.000 per gram pada tanggal 14 Juni 2019, dari sebelumnya Rp 626.000. kenaikan ini disebabkan karena penguatan harga emas global akibat perang dagang AS-China.

Ketidakstabilan hubungan antara AS-China memberikan dampak yang positif terhadap harga emas yang semakin naik. Ditambah lagi dengan rencana pertemuan Presiden AS, Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping yang tertunda.

Perang dagang dua kekuatan ekonomi terbesar di dunia dapat menghambat aliran global. Saling balas tarif baru menjadi salah satu penyebabnya sehingga banyak investor yang banyak lari ke emas sehingga pada kondisi sekarang emas kembali menjadi primadona investor.

(FPL)