Detail Berita


Sesuai Rencana, PTBA Mulai Lakukan Uji Terapan DME


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 28-07-2020

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam mengatakan jika proyek gasifikasi batubara menjadi Dimethyl Ether (DME) yang tengah dikerjakan masih berjalan sesuai rencana kerja. Untuk saat ini pihaknya menjelaskan jika perkembangan proyek tersebut sudah mulai memasuki tahap uji terapan. Dalam melaksanakan uji terapan metode gasifikasi itu, Bukit Asam bekerjasama dengan Kementerian ESDM, melalui Lemigas.

Lebih lanjut, perusahaan menjelaskan jika pihaknya tidak hanya melakukan uji terapan saja. Melainkan juga melaksanakan uji laboratorium guna melakukan analisa dan mengetahui bagaimana pemakaian DME yang efektif. Dari serangkaian pengujian itu, mereka berharap bisa mendapatkan seberapa efektif pemanfaatan DME sebagai bahan pengganti LPG.

Kemudian untuk menghitung besaran keekonomian DME sebagai pengganti LPG, mereka juga menggandeng Tekmira untuk melakukan kajian cost benefit. Pemanfaatan DME sebagai bahan pengganti LPG ini pun diharapkan bisa mengatasi sejumlah permasalahan yang ada selama ini, karena ketidak seimbangan kebutuhan dan suplai dari LPG.

Pemanfaatan DME sebagai pengganti LPG ini dianggap begitu penting, karena selama ini kebutuhan LPG dalam negeri, 75 persennya berasal dari impor. Tentunya jika terlalu tergantung pada impor, maka ketahanan energi bisa memberikan dampak yang buruk. Sementara, cadangan batubara sebagai material utama pembuatan DME jumlahnya sangat melimpah.

DME sendiri sebenarnya bisa dihasilkan dari berbagai sumber energi lain, termasuk dengan memanfaatkan pengembangan bahan yang bisa diperbarui. Memang untuk saat ini Indonesia belum memiliki industri khusus untuk hal ini, namun setidaknya pemerintah akan berusia menyediakan sejumlah pendukung teknis di dalam negeri. Baik itu untuk kegiatan produksi maupun untuk pemanfaatan produk nantinya.

Sebagai informasi, dari hasil serangkaian analisa karakteristik pada DME sebelumnya, diketahui produk turunan batubara itu memiliki kandungan panas sebesar 7.749 Kcal/Kg. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit daripada LPG yang memiliki kandungan panas sebesar 12.076 Kcal/Kg.

Namun keunggulan DME terletak pada massa jenis yang lebih tinggi dibandingkan LPG, dengan perbandingan 1:1,6. Sehingga 1 liter LPG sama saja dengan 1,2 liter DME.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !