Detail Berita


DME, Produk Hilirisasi Batubara LPG Rumah Tangga


"Bongkahan batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 27-07-2020

duniatambang.co.id - Dimethyl Ether (DME) yang merupakan produk turunan dari batubara, telah lulus uji coba untuk kemudian digunakan sebagai bahan campuran LPG yang biasa digunakan untuk menyalakan kompor. Balitbang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan, bahan campuran untuk kompor LPG itu bisa dihasilkan dari campuran DME dengan kadar 20 persen dan LPG 80 persen.

Hasil uji coba ini bisa memberikan nilai tambah baru dari hasil tambang batubara tak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik tetapi juga pasar luar negeri. Dengan kesuksesan uji coba ini nantinya bisa memanfaatkan DME sebagai bahan pengganti kompor gas yang selama ini masih dominan menggunakan LPG.

Dari uji coba yang dilakukan tersebut, hasil pencampuran DME dan LPG, memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Sehingga jika ke depan hasil uji coba benar-benar diterapkan untuk masyarakat umum, tidak perlu melakukan pergantian jenis kompor yang selama ini digunakan.

Salah satu kelebihan dari penggunaan campuran DME dan LPG sebagai bahan bakar kompor gas, yakni nyala api masih sama terlihat biru. Namun jangka waktu memasak bisa menjadi lebih lama, dibandingkan jika menggunakan LPG yang ada saat ini.

Meski demikian jika benar-benar diterapkan, maka diperlukan komitmen kuat dari pemerintah. Utamanya adalah dengan memberikan subsidi seperti yang ada saat ini, sehingga tidak memberatkan masyarakat, meski terjadi pergantian jenis bahan bakar untuk kompor gas mereka sehari-hari.

Pemerintah menargetkan penerapan penggunaan bahan bakar campuran DME dan LPG ini bisa dilakukan dalam kurun waktu empat tahun ke depan. Tentunya pemerintah juga terlebih dahulu harus melakukan penghitungan berapa harga yang akan dipatok saat dipasarkan ke masyarakat.

Pihak Balitbang Kementerian ESDM menambahkan, harga yang akan dipatok dipastikan akan lebih murah daripada harga LPG untuk kompor gas saat ini. Sebab, kandungan energi yang ada pada bahan bakar menggunakan campuran DME dan LPG itu lebih sedikit.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !