Detail Berita


Material Hasil Tambang yang Dibutuhkan Dunia Militer


"F-16 Viper dengan livery TNI AU. Gambar dari proposal Lockheed Martin ke pemerintah Indonesia"
Sumber gambar: militermeter.com


Tanggal terbit: 27-07-2020

duniatambang.co.id - Industri pertambangan boleh berbangga hati atas sumbangsih yang diberikan dalam mendukung pertahanan militer sebuah negara. Industri pertambangan menyuplai material mentah hasil tambang, untuk diolah menjadi senjata dan kendaraan taktis yang digunakan para tentara.

Tak hanya untuk pembuatan kendaraan dan senjata, material hasil tambang juga digunakan untuk perlengkapan perlindungan diri dan peralatan medis untuk menyelamatkan nyawa para tentara yang berjuang di medan pertempuran.

Tembaga misalnya, digunakan untuk bahan pembuatan kendaraan tempur seperti pesawat, kapal perang dan kendaraan rantis karena lebih kuat terhadap korosi. Karena tembaga memiliki sifat karakteristik yang fleksibel, juga bisa digabungkan dengan nikel dan timah untuk membuat rompi anti peluru dan perlengkapan perlindungan diri karena cukup kuat untuk menahan tumbukan seperti terjangan peluru tajam.

Lalu ada pesawat terbang yang 80 persen terbuat dari aluminium, karena lebih ringan sehingga bisa menghemat penggunaan bahan bakar, namun lebih kuat untuk mengangkut benda-benda berat. Molybdenum sebagai bahan utama stainless steel, yang mampu memberikan kekuatan dan memperpanjang usia sebuah benda. Selain itu, molybdenum juga juga memiliki titik didih yang sangat tinggi dan tahan korosi, menjadikannya sebagai bahan yang ideal untuk pembuatan kendaraan lapis baja, rudal dan pesawat tempur.

Teknologi pertahanan juga membutuhkan keberadaan perak. Sejumlah pabrik kendaraan perang memilih perak sebagai bahan dasar pembuatan helikopter seperti apache atau pesawat C17, yang memungkinkan setiap misi berjalan dengan lancar tanpa mengalami serangan atau kerusakan yang berarti.

Berilium yang diketahui lebih kuat enam kali lipat dari besi baja, dan jauh lebih ringan dari aluminium. Berilium ini secara alami terkandung pada material bertrandite yang tersebar cukup banyak hampir di seluruh negara. Berilium juga memiliki karakteristik sebagai penghantar panas yang sangat baik, sehingga juga dibutuhkan dalam pembuatan alat-alat surveillance seperti radar.

Kemampuan anti bakteri yang dimiliki oleh tembaga dan perak, juga dimanfaatkan dalam peralatan medis untuk membantu para tentara mendapatkan perawatan akibat perang. Termasuk juga uranium yang dibutuhkan dalam teknologi x-ray dan MRI yang juga sangat membantu proses penyembuhan luka.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !