Detail Berita


Optimisme BUMI Penuhi Target Produksi 90 Juta Ton Batubara Tahun Ini


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 24-07-2020

duniatambang.co.id - Belakangan mencuat akan adanya isu pengurangan produksi yang dilakukan sejumlah produsen batubara. Menanggapi hal tersebut, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengatakan perusahaan tidak akan melakukan perubahan pada panduan kerja operasional untuk tahun 2020 ini. Pihaknya masih mematok target produksi batubara sesuai rencana awal yakni pada angka 85 - 90 juta ton.

Adapun optimisme target produksi yang diungkapkan oleh Bumi Resources dikarenakan perusahaan masih berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target tersebut. Jika melihat laporan produksi pada kuartal pertama tahun ini, jumlah produksi batubara yang dicatatkan Bumi Resources diketahui sebesar 42 juta ton.

Meski demikian pihak Bumi Resources terus aktif untuk melakukan pemantauan terhadap pergerakan harga batubara secara berkelanjutan dan cermat. Mereka berharap bahwa dalam waktu dekat harga batubara bisa kembali membaik, khususnya menjelang musim dingin di mana biasanya kebutuhan batubara meningkat.

Pihak BUMI Resources pun saat ini akan lebih fokus dalam peningkatan kinerja pada sisa waktu untuk tahun ini. Pasalnya, hingga kuartal pertama tahun 2020 ini perusahaan mengalami kerugian bersih hingga mencapai USD 35,1 juta dan penurunan pendapatan bersih sebesar 4 persen menjadi USD 1,07 miliar.

Meski lebih memilih untuk fokus dalam peningkatan kinerja untuk memacu produksi demi memenuhi target, Bumi Resources juga menyiapkan strategi lain sebagai langkah antisipasi atas perubahan pasar dan faktor lain secara mendadak, mengingat kondisi saat ini yang masih belum benar-benar stabil.

Sejumlah langkah yang disiapkan itu antara lain melakukan efisiensi guna menekan biaya pengeluaran yang dianggap tidak terlalu mendesak. Kemudian juga lebih meningkatkan strategi diversifikasi bisnis tambang pada anak perusahaan yaitu PT Bumi Resources Mineral yang bergerak pada komoditas emas, sebagai alternatif komoditas produksi. Intinya apa yang dilakukan perusahaan adalah membuka peluang seluas mungkin guna memperkuat posisi pasar.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !