Detail Berita


Mengenal Kaolin, Mineral Putih dalam Dunia Industri Cat Hingga Kecantikan


"Danau Kaolin, Bangka Tengah"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 22-07-2020

duniatambang.co.id Bangka Belitung menyisakan cerita tentang tambang timah dan kaolin yang menjadi primadona puluhan tahun lalu di pulau tersebut. Bekas-bekas galian tambang kaolin kini menjadi danau yang memiliki warna cantik, meskipun begitu masih ada aktivitas penambangan kaolin di Bangka Belitung. Hal unik pada air danau kaolin akan bewarna biru apabila cuaca cerah dan menjadi hijau saat cuaca mendung.

Kaolin merupakan mineral tanah liat dengan kandungan utama berupa mineral kaolinit yang tersusun dari aluminasilikat terhidrat. Selain kaolinit, mineral lain yang terkandung dalam kaolin adalah dickit, nakrit dan haloisit.

Kaolin juga memiliki daya tarik dibidang geologi karena proses pembentukannya yang berbeda-beda. Keterdapatan batuan vulkanik hasil gunung api dan alterasi hidrotermal merupakan suatu indikator adanya pembentukan batuan kaolin.

Selain ditemukan di Bangka Belitung, kaolin juga banyak terdapat di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Sedangkan beberapa daerah lainnya juga terdapat potensi kaolin antara lain di Bandar Pulau (Sumut), Bonjol Pasaman (Sumbar), Belilas dan Indragiri Hulu (Riau), Pondok Kelapa (Bengkulu), Garut dan Tasikmalaya (Jabar), Blitar dan Trenggalek (Jatim), Martapura (Kalsel), Polewali (Sulsel) dan Paniai (Papua).

Dalam dunia industri,  digunakan dalam bahan baku cat, keramik, kertas. Pada industri cat, kaolin dapat digunakan sebagai pigmen yang baik karena dapat menjaga kecerahan warna, memudahkan pembuatan kombinasi warna, meningkatkan kepadatan cat, membentuk tekstur, dan mendukung daya tutup cat di permukaan yang akan dilapisi, dan meningkatkan kecerahan warna.

Pada industri keramik, kaolin memberikan sifat plastis sehingga bahan baku keramik dapat dan mudah dibentuk sebelum dibakar. Bersama ball clay apabila digunakan bersama-sama maka akan meningkatkan keplastisan massa (campuran) yang akan mempermudah dibentuk dan memperkuat kekuatan kering dari produk keramik.

Pada industri kertas, kaolin berfungsi sebagai bahan pengisian pulp di mana dengan adanya kaolin pada kertas akan menambah berat, lebih putih, tidak transparan, serta tidak mudah koyak. Pada kertas koran, kaolin terdapat sebanyak 2% sedangkan pada kertas yang lebih baik bisa mengandung sampai 30% kaolin.

Hal unik dari mineral kaolin adalah penggunaannya dalam industri kecantikan. Kaolin yang digunakan biasanya dalam bentuk tanah liat atau yang biasa disebut clay. Kaolin clay digunakan untuk bahan baku pembuatan masker. Kaolin menjadi bahan pengental pada masker yang berfungsi untuk menyerap kotoran pada pori-pori, memperhalus kulit wajah, mencegah timbulnya jerawar, serta memperlancar peredaran darah.

 

Penulis : Anisa Nur Adnin (Mahasiswa Universitas Mulawarman)

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !