Detail Berita


ESDM Bakal Bentuk Badan Khusus untuk Optimalisasi Cadangan Rare Earth Element


"Penambangan di PT Timah Tbk"
Sumber gambar: pelantar.id


Tanggal terbit: 22-07-2020

duniatambang.co.id - Pemerintah bakal membentuk sebuah badan khusus yang memiliki tugas utama melakukan kajian dan juga pemanfaatan rare earth element atau logam tanah jarang. Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pengembangan sumber daya alam logam tanah jarang. Saat ini pembahasan akan permasalahan ini sudah sampai pada kementerian dan juga lembaga pemerintahan.

Pemerintah pada akhirnya menemukan kesepakatan dan kemudian memutuskan bahwa dibutuhkan sebuah badan khusus yang dapat mengumpulkan bermacam-macam jenis mineral rare earth yang merupakan produksi turunan dari sebuah kegiatan pertambangan.

Penugasan diberikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan pengumpulan Monazite yang diketahui selama ini jumlahnya cukup melimpa. Jenis rare earth Monazite sendiri banyak ditemukan di pertambangan milik PT Timah yang ada di Bangka Belitung. Jenis lainnya diketahui ditemukan bersamaan dengan bauksit dan nikel.

Namun pihak Kementerian BUMN meminta komitmen yang kuat dari berbagai elemen, khususnya industri yang nanti bakal menampung rare earth tersebut. Terlebih kebijakan ini disebutkan telah difasilitasi oleh Kementerian Kemaritiman dan Investasi, sehingga arah produksinya bisa memiliki alur yang tertata.

Kementerian BUMN mengaku sudah banyak sekali Monazite yang terbuang percuma karena tidak ada tata kelola dan pemanfaatan yang maksimal. Padahal Monazite ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan bahan pembuatan senjata. Kajiannya pun harus dilakukan secara mendetail, karena rare earth jenis ini diketahui mengandung bahan radioaktif.

Badan yang bakal dibentuk nantinya juga akan didukung oleh regulasi khusus yang saat ini sedang dalam tahap penyusunan, untuk kemudian bisa dijadikan sebagai payung hukum. Pihak yang akan melakukan akselerasi permasalahan ini akan ditangani oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !