Detail Berita


Asteroid, Prospek Pertambangan Masa Depan



Tanggal terbit: 17-06-2019

Jakarta – Berdasarkan perkembangan dari kajian ilmiah, menambang di asteroid menjadi salah satu prospek target penambangan di masa depan. Kajian – kajian yang dilakukan banyak yang meliputi skenario pengambilan bahan tambang di asteroid. Berdasarkan Zachry (2013) mengandung komoditas tambang yang dapat digunakan.

Zachny (2013) menyatakan bahwa asteroid memiliki kandungan komoditas PMB (Platinum Base Metal) atau Grup Logam Platinum. PMB terdiri dari beberapa mineral seperti Platinum (Pt), Rhodium (Rh), Osmium (Os), Iridium (Ir), Palladium (Pd), dan Rhenium (Re). Keberadaan PMB di bumi yang sedikit membuat PMB merupakan salah satu komoditi tambang yang memiliki demand tinggi.

PMB memiliki beberapa aplikasi penggunaan. Salah satunya adalah penggunaan platinum sebagai katalis dalam industri minyak untuk menghasilkan bensin beroktan tinggi (>92). Selain itu, platinum juga digunakan untuk bahan tambangan perhiasan.

Dalam pemaparannya Zachy (2013) menjelaskan terdapat lima langkah penambangan di asteroid. Berikut empat langkah yang dilakukan :

  • Prospecting, Pada asteroid konsentrasi relatif seragam;
  • Excavation, Opsi termasuk penggalian dan penggalian in situ, bijih galian untuk pengiriman kepabrik ekstraksi, atau menangkap keseluruhan asteroid untuk pengiriman ke pabrik ekstraksi;
  • Processing, Bahan magnetik dapat diekstraksi menggunakan proses konsentrasi magnetik. Pemisahan elektrostatik akan hanya bisa menangkap benda berukuran fine dan meninggalkan batu yang lebih besar.
  • Extraction, Jika chondrite berkarbonasi - air ditambah ekstraksi mineral (titanium dari Ilmenite, besi fase nano). Jika logam - sulit untuk de-alloy, maka gunakan debu besi-nikel untuk pencetakan 3D (struktur bisa jauh lebih lemah di ruang angkasa daripada di 1g dan tidak ada peluncuran peluncuran)
  • Storage, Volatil bisa ditekan. Air kemungkinan besar akan disimpan di dalam silinder tekanan (sehingga bisa dengan mudah dipanaskan dan meleleh / disublim). Diproses bijih dapat disimpan dalam wadah tertutup untuk mencegah kerugian.

Dikutip dari Nasdaq.com (Latest Price and Chart for Platinum), Kebutuhan akan komoditi platinum meningkat selama 10 tahun ini (2009-2019) dan diprediksikan dengan perkembangan industri sekarang akan semakin meningkat.

Bahan tambang akan selalu dibutuhkan manusia bagi kebutuhannya sehari – hari. Pemaparan bahan tambang terhadap kebutuhan manusia dikedepan akan semakin vital dengan meningkatnya teknologi. Menambang di asteroid menjadi opsi ke depan bagi manusia untuk dilakukan demi memenuhi kebutuhan manusia akan bahan tambang.

(FPL)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !