Detail Berita


ESDM Sebut Jumlah Batubara Indonesia Capai 149 Miliar Ton


"Coal stockpile"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 21-07-2020

duniatambang.co.id - Kementerian ESDM dalam agenda rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI memaparkan data terbaru dari sumber daya alam yang dimiliki Indonesia saat ini. Dalam rapat ini, pokok pembahasan berfokus pada komoditas batubara yang menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam Pendapatan Negara Bukan Pajak. Pihaknya menjelaskan, untuk laporan per Desember 2019, diketahui jumlah batubara yang dimiliki Indonesia jumlahnya mencapai 149 miliar ton.

Lebih lanjut, Badang Geologi Kementerian ESDM juga menjelaskan detail dari keseluruhan total batubara yang dimiliki itu. Untuk batubara dengan kualitas kalori rendah jumlahnya diketahui mencapai 53,6 miliar ton. Kemudian batubara dengan kualitas kalori sedang mencapai 79,89 miliar ton dan selanjutnya batubara dengan kualitas kalori tinggi mencapai 12,96 dan kategori terakhir kualitas sangat tinggi mencapai 2,48 miliar ton.

Sementara itu hasil kajian Badan Geologi untuk jumlah cadangan batubara yang dimiliki Indonesia secara keseluruhan jumlahnya mencapai angka 37,6 miliar ton. Secara terperinci menurut kategori kualitas dibagi menjadi kualitas rendah sebesar 14,4 miliar ton, kualitas sedang sebesar 20,4 miliar ton, kualitas tinggi sebesar 2,3 miliar ton, dan kualitas kalori sangat tinggi jumlah cadangannya mencapai 0,42 miliar ton.

Lalu untuk total cadangan batubara sebesar 37,6 miliar ton itu, cadangan terkira jumlahnya diketahui sebesar 17,06 miliar ton dan jumlah cadangan terbukti sebesar 20,5 miliar ton.

Kemudian laporan berdasarkan wilayah, sumber batubara terbesar diketahui berada di wilayah Kalimantan yang mencapai 92,5 miliar ton dan jumlah cadangannya mencapai 24,5 miliar ton. Selanjutnya untuk wilayah Sumatera jumlahnya mencapai 56,1 miliar ton dan jumlah cadangan batubara mencapai 12,8 miliar ton.

Untuk wilayah Sulawesi diketahui memiliki sumber daya batubara sebesar 74,25 juta ton sedangkan cadangannya sebesar 2,96 juta ton. Di wilayah pulau Jawa jumlah batubara diketahui sebesar 62,45 juta ton dan cadangannya sebesar 0,23 juta ton. Di wilayah Papua dan juga Maluku masing-masing terdapat sebesar 135,84 juta ton dan 8,22 juta ton.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !