Detail Berita


Tujuh Sifat Mekanik Logam yang Harus Diketahui oleh Metallurgists


"Ilustrasi industri konstruksi"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-07-2020

duniatambang.co.id – Setiap material mempunyai sifat fisik, sifat kimia, dan sifat mekanik yang dapat digunakan untuk menentukan pemanfaatan material tersebut. Pada material logam, sifat mekanik logam sangat diperhatikan terutama pada pemanfaatan di bidang konstruksi, aircraft, dan piping. Sifat-sifat mekanik tersebut berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya kegagalan pada material logam yang akan dipakai. Bila terjadi kegagalan pada material logam yang dipakai, maka dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diharapkan, seperti kehilangan produksi, kerusakan peralatan, kecelakaan, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa sifat mekanik pada material logam:

1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah sifat mekanik yang mengartikan kemampuan logam dalam menerima tegangan tanpa mengalami patah. Jenis-jenis kekuatan dapat dibagi lagi berdasarkan jenis tegangan yang diberi, yaitu tegangan tekan, tarik, dan geser.

2. Ketangguhan (Toughness)

Ketangguhan adalah sifat mekanik yang mengartikan kemampuan logam dalam menyerap gaya yang diberikan secara tiba-tiba atau beban kejut (impak).

3. Kekakuan (Stiffness)

Kekakuan merupakan sifat mekanik yang mengartikan kemampuan material dalam mempertahankan bentuk awal setelah mendapat gaya.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !