Detail Berita


Lima Batu Permata Paling Langka di Dunia


"Batu Permata Tanzanite"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-07-2020

duniatambang.co.id - Batu permata atau Gemstone/Jewel adalah bagian dari mineral kristal yang diolah dengan dipotong dan dipoles dan digunakan untuk aksesoris perhiasan. Beberapa batuan seperti (lapis azuli dan opal) dapat digunakan untuk membuat aksesoris perhiasan. Kebanyakan batu permata memiliki kekerasan yang tinggi, tetapi ada juga mineral dengan kekerasan rendah dijadikan batu permata karena sifat kilapnya ataupun sifat fisik yang memiliki nilai estetika. Kelangkaan mineral juga menjadi karakteristik lain yang menjadi penilaian suatu batu permata.

Berikut 5 jenis batu permata langka teringgi di dunia.

1. Tanzanite

Sesuai dengan namanya, mineral Tanzanite hanya ditemukan di negara Tanzania. Mineral tanzanite sangat mahal dikarenakan warna biru khasnya. Tanzanite adalah mineral zoisite berwarna biru dan violet yang tergolong dalam mineral epidote. Tanzanite baru dipopulerkan pada tahun 1960 dan semenjak saat itu menduduki popularitas nomor satu di dunia batu permata. Sekarang Tanzanite dengan karat diatas 3 dan kualitas warna (AAA+)  dipatok dengan harga $750 per gram.

2. Black opal/Dark Opal

Black Opal adalah istilah yang digunakan untuk mineral opal yang memiliki warna dasar gelap, seringkali warna abu – abu dan warna hitam. Warna hitam pada Black Opal sendiri bukan dihasilkan dari “potch” yang memberikan batuan tersebut warna gelap. Mineral ini sangat langka karena warna dasar yang gelap membuat warna merah / api menjadi lebih jelas sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Batuan ini hanya dijumpai di kota Lightning Ridge, di Australia. Mineral Opal sendiri terbentuk dari silika amorf terhidrasi. Harga batuan ini berkisar dari $28 untuk 1 carat hingga $14.340 untuk 9 carat.

3. Red Beryl/Bixbite

Red Beryl merupakan jenis paling langka dari beryl yang mendapatkan warna merah dari unsur mangan (Mn). Di seluruh dunia, Batuan Red Beryl yang bisa dijadikan perhiasan  hanya ditemukan di pegunungan Wah Wah yang terletak di Utah, Amerika Serikat. Red Beryl sangat langka ditemukan dikarenakan membutuhkan kondisi geokimia yang tepat. Pertama, elemen beryllium harus ada dalam jumlah  banyak agar dapat membentuk mineral. Kedua unsur Mangan harus ada di tempat dan waktu yang sama. Ketiga kondisi geokimia harus hadir untuk beryllium, mangan, aluminium, silicon dan oksigen agar dapat mengkristal menjadi berrylium. Untuk menjadikan red beryl dalam kualitas perhiasan, rekahan dan rongga harus hadir agar kristal bisa terbentuk. Harga red Beryl dipatok hingga dengan $10.000. 

4. Emerald

Selama 5000 tahun, batuan ini menjadi salah satu dari batuan yang paling digemari dan diminati oleh orang–orang di seluruh dunia. Sama seperti Red Beryl, Emerald merupakan spesimen dari keluarga mineral Beryl dengan warna hijau yang spesial. Emerald ditemukan di batuan beku, metamorf, dan batuan sedimen dengan jumlah yang sangat sedikit di seluruh dunia. Proses pembentukan mineral ini relatif sama dengan red beryl, akan tetapi pada emerald tidak dijumpai unsur mangan. Warna hijau dari batuan ini berasal dari variasi jumlah dari unsur vanadium, besi dan kromium di mineral beryl. Harga batuan ini berkisar dari $12,3 per carat sampai $3500 per carat bergantung pada asal, kejernihan, warna dan ukuran dari emerald itu sendiri.

5. Blue Diamond

Blue diamond adalah salah satu jenis dari mineral diamond akan tetapi memiliki tambahan warna biru yang berasal dari mineral Boron yang mengkontaminasi struktur laktis kristal. Blue diamond disusun oeh material di mantel Bumi dan terbentuk di kedalaman 4x lebih dalam dari pembentukan diamond biasa. Harga dari light blue diamond  berkisar dari $26.280 dengan 0,5 carat, sedangkan untuk deep blue diamond dengan 0,84 carat berkisar $336.100. Harga blue diamond semakin meningkat dengan bertambahnya intensitas warna biru, carat dan ukuran.

 

Penulis : Ignatius WIlliam Yudha

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !