Detail Berita


Gasifikasi Batubara Sebagai Energi Alternatif Masa Depan Indonesia


"Coal Getting"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-07-2020

duniatambang.co.id - Permintaan bahan bakar gas untuk industri dan bahan bakar gas rumah tangga seperti LPG di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Selain itu, supply productivity gas bumi di Indonesia memiliki nilai dan trend yang semakin menurun dengan adanya peninjauan pada grafik realisasi produksi gas bumi Indonesia dari tahun 2015 – 2019.

Dilansir dari Laporan Tahunan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi ESDM, realisasi supply productivity gas bumi Indonesia menurun dari nilai 8.078 TSCF pada tahun 2015 hingga 7.234 TSCF pada tahun 2019 dan trend menurunnya produktivitas gas bumi Indonesia diperkirakan akan mencapai tahun 2030.

Peningkatan permintaan atau demand industri-industri di Indonesia akan energi bahan bakar gas tidak bisa dipungkiri karena kemajuan teknologi yang semakin maju. Pemerintah Indonesia dinilai mampu memberikan alternatif energi untuk pemasokan bahan bakar gas yang stabil. Salah satu energi alternatif yang bisa Indonesia kembangkan yaitu industri ‘Gasifikasi Batubara’.

Industri Gasifikasi Batubara mampu memproduksi beberapa gas dengan nilai kalor yang berbeda dengan memanfaatkan bahan mentah batubara dengan kalor yang rendah ke sedang. Gasifikasi batubara sendiri dinilai sebagai industri gas alternatif karena membutuhkan batubara yang memiliki nilai kalor rendah ke sedang dengan harga yang sangat murah. Gasifikasi batubara dengan kalor yang rendah ke sedang mampu memproduksi Synthetic Natural Gas (SNG) yang akan diubah menjadi gas metana untuk diproduksi sebagai LPG.

LPG (Liquified Petroleum Gas) juga bisa diproduksi dari gas alam karena terkandung senyawa hidrokarbon yaitu propana dan butana. Sama halnya dengan LNG, LPG juga dicairkan pada tekanan 2-5 barg, pada tekanan atmosferik ia kembali berbentuk gas. Kebutuhan LPG juga sangat tinggi karena digunakan untuk sehari-hari seperti memasak. (sumber : iatekunsri.com)

Produk gas yang dihasilkan dari proses gasifikasi batubara juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar energi untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan menjalankan mesin diesel dengan sistem dual fuel. Produk gas yang dihasilkan dari proses gasifikasi batubara ini sendiri dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan produk gas yang memenuhi syarat untuk digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel. Kualitas gas hasil gasifikasi batubara yang digunakan berupa data analisis komposisi, kadar ter dan kadar partikulat. (sumber : blu.tekmira.esdm.go.id)

Oleh Karena itu, industri gasifikasi batubara ini dinilai mampu menjadi bahan bakar energi alternatif dengan pembiayaan yang tidak terlalu mahal, harga batubara yang murah, dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar PLTD dan gas komposisi LPG untuk gas rumah tangga.

 

Penulis : Dimas Chaidir Adinugroho (Mahasiswa UIN Jakarta)

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !