Detail Berita


Junior Mining Company, Solusi Lesunya Eksplorasi Pertambangan di Indonesia


"Excavator Backhoe di Site Pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-07-2020

duniatambang.co.id - Potensi sumber daya alam yang melimpah untuk bisnis pertambangan, Indonesia begitu menarik di mata para investor asing. Hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan perusahaan tambang lokal.

Meski dengan potensi sumber daya yang melimpah itu, tidak diiringi dengan kegiatan eksplorasi yang memadai. Justru jumlah kegiatan eksplorasi selama beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

Tentu saja hal ini bisa memberikan dampak negatif ke depannya, terlebih saat ini sejumlah perusahaan tambang tengah fokus untuk meningkatkan produksi mereka. Jika tidak diimbangi bakal memberikan permasalahan baru yang siap muncul kapan saja. Dibutuhkan solusi yang efektif untuk mengatasi persoalan ini.

Salah satu solusi yang dianggap paling efektif untuk meningkatkan kembali gairah kegiatan eksplorasi adalah dengan menciptakan Junior Mining Company yang lebih banyak. Lebih lanjut mengenai pemahaman Junior Mining Company adalah sebuah perusahaan tambang yang baru menjalankan kegiatan bisnisnya.

Sebenarnya minat dan ketertarikan untuk membentuk Junior Mining Company cukup tinggi, namun ternyata fakta di lapangan menyebutkan bahwa pembentukan Junior Mining Company oleh perusahaan tambang juga bukan perkara yang mudah. Ada banyak faktor yang dibutuhkan sebelum membentuk Junior Mining Company, sehingga perusahaan baru ini bisa bertahan untuk jangka panjang.

Junior Mining Company yang akan dibentuk harus mencari partner kerjasama dengan perusahaan yang sudah besar. Sehingga mulai dari tahapan pembentukan hingga proses operasional bisa jauh lebih mudah dilakukan. Beberapa diantaranya akan memudahkan dalam proses perizinan, kemampuan untuk memenuhi regulasi yang telah ditetapkan pemerintah dan terakhir yang paling utama adalah masalah pendanaan.

Perusahaan besar yang sudah memiliki keuangan stabil dan sehat akan dengan mudah membantu masalah finansial Junior Mining Company. Karena tingkat kesulitan mendapatkan pendanaan dari bank atau lembaga lainnya akan semakin tinggi, mengingat Junior Mining Company merupakan perusahaan baru.

Jika Junior Mining Company sudah terbentuk dan mampu mempertahankan kegiatan operasional, khususnya kegiatan eksplorasi tentunya akan memberikan dampak positif kembali bagi perusahaan tambang secara nasional.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !