Detail Berita


Setahun Berlalu, Ini Manfaat Tambang Batubara Ombilin yang Jadi Warisan Dunia


"Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto"
Sumber gambar: regional.kompas.com


Tanggal terbit: 10-07-2020

duniatambang.co.id - Tambang batubara Ombilin ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia setahun yang lalu. Diketahui, pada Sidang Komite ke-43 tanggal 6 Juli 2019 lalu yang digelar di Kota Baku, Azerbaijan, UNESCO menetapkan tambang batubara Ombilin sebagai warisan dunia.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyebut ada banyak sekali manfaat yang telah didapatkan, setelah tambang batubara Ombilin Sawahlunto ditetapkan menjadi warisan dunia. Beberapa manfaat tersebut adalah mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pertambangan yang lebih luas, memicu percepatan perkembangan khususnya di sektor tambang serta meningkatkan kearifan lokal.

Menurut pihaknya, momentum satu tahun penetapan tambang Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia oleh Unesco bukanlah sebuah perayaan atas pencapaian yang telah diraih. Akan tetapi menurutnya hal ini lebih untuk mengingatkan masyarakat dan para pengusaha tambang serta para pemangku kebijakan lainnya mengenai hal-hal apa saja terkait pemanfaatan tambang Ombilin untuk berbagai kebutuhan.

Irwan Prayitno juga mengapresiasi semua pihak yang terus aktif menjaga kelestarian warisan dunia tambang batubara Ombilin Sawahlunto hingga bisa dinikmati manfaatnya hingga detik ini. Aktivitas itu bisa tetap terjaga meski dalam kondisi wabah pandemi Covid19 yang belum kunjung mereda. Oleh karenanya protokol kesehatan yang sudah ditetapkan harus tetap dipatuhi agar segalanya bisa terus berjalan lancar.

Manfaat paling utama yang bisa dirasakan oleh masyarakat dari penetapan situs warisan dunia ini adalah tentu saja peningkatan ekonomi, meski bukan dari hasil komoditas tambang secara langsung. Penetapan situs warisan dunia sangat mendukung dalam upaya promosi mengenai Provinsi Sumatera Barat secara umum, dan sektor pariwisata secara khusus. Sebab kini tambang batubara Ombilin Sawahlunto telah menjadi salah satu destinasi pariwisata budaya warisan leluhur, yang tentunya membutuhkan partisipasi semua pihak agar tetap terus lestari.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !