Detail Berita


Bulan Sebagai Daerah Tambang Masa Depan? Prospek?



Jakarta – Pada dekade akhir ini banyak kajian ilmiah mengenai penambangan bahan tambang ekonomis di bulan. Bulan yang merupakan satelit yang mengelilingi bumi mengandung beberapa mineral ekonomis seperti platinum dan besi. Hal ini didukung dengan observasi NASA dengan gelombang UV (ultraviolet) memperlihatkan keberadaan endapan platinum.  

Dikutip pada forbes.com (How Often Do Meteoroids Hit the Moon?), setiap harinya bulan dihantam material meteor sebanyak 2800 Kg. Meteor yang menghantam bulan dapat menyebabkan kenaikan suhu pada permukaan bulan akibat energi hantaman tersebut.

Asteroid – asteroid yang menghantam bulan berperan sebagai heat source dalam proses mineralisasi. Tubrukan dan gesekan yang terjadi menghasilkan panas sehingga membuat daerah sekitar hantaman memiliki suhu yang cukup untuk proses mineralisasi. Suhu yang di perlukan agar suatu mineralisasi terjadi adalah 180o-210oC (Kwak, 1990), sementara suatu meteor yang menghantam bumi diperkirakan memiliki suhu sekitar 1,648oC.

Asteroid tidak hanya bertindak sebagai heat source tetapi juga sebagai source material dari beberapa mineral ekonomis. Berdasarkan Elvis (2013), Asteroid mengandung grup metal platinum yang merupakan elemen yang langka dalam kerak bumi. Grup metal platinum meliputi mineral seperti Platinum (Pt), Rhodium (Rh), Osmium (Os), Iridium (Ir), Palladium (Pd), dan Rhenium (Re).

 Dilansir dari space.com (Moon Packed with Precious Titaniium, Nasa Probe Finds), Titanium pada bulan sering ditemukan pada mineral Ilmenite yang juga mengandung besi, titanium, dan oksigen. Keberadaan titanium di bulan pada Ilmenite lebih banyak ketimbang keberadaannya di alterasi yang sama di bumi.

Banyaknya kandungan Titanium pada ilmenite di bulan dapat diebabkan karena evolusi dari bulan itu sendiri. Evolusi bulan dapat mempengaruhi prinsip geokimia yang ada pada planet tersebut. Selain itu, pengaruh tenaga eksogen di bulan dapat turut mempengaruhi hal tersebut.

Sejauh ini, banyak kajian-kajian ilmiah untuk penambangan di bulan. Berbagai skenario dan rancangan didesain dalam beberapa kajian agar penambangan di bulan dapat terealisasi.

(FPL)