Detail Berita


Hubungan Erat Ahli Tambang dan Ahli Geologi dalam Industri Pertambangan


"Ilustrasi pekerja tambang di site pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 08-07-2020

duniatambang.co.id - Kegiatan penambangan tidak lepas dari beberapa pihak dan ahli yang mendalami industri pertambangan tersebut. Terlebih lagi kegiatan penambangan yang memerlukan beberapa tahapan yang dimulai dari eksplorasi dan pemetaan wilayah deposit endapan hingga proses penambangan (eksplorasi) bahkan sampai proses pemurnian dan pengolahan. Faktor penting berdirinya industri pertambangan mencakup 2 proses utama yang eksplorasi dan eksploitasi yang terdiri dari 3 tahapan yaitu gali, muat, dan angkut.

Kegiatan eksplorasi tambang memerlukan ahli eksplorasi atau explorationist dalam melakukan kegiatannya dengan baik. Seorang geologist dipercaya mampu memetakan dan menginterpretasikan keadaan dan keberadaan jenis bahan galian yang akan ditambang oleh seorang penambang atau ahli tambang yang berkompeten di bidangnya. Selain itu, seorang geologist juga mampu menentukan arah sebaran bahan galian dan mampu menentukan potensi dan sumberdaya bahan galian di daerah izin usaha pertambangan (IUP) tersebut.

Dalam hal ini, seorang geologist memiliki hubungan kerja yang erat dengan seorang ahli tambang dalam mengoperasikan industri tambang di daerah tersebut.

Kedua profesi ini pada dasarnya saling membutuhkan satu sama lain dalam kegiatan industri pertambangan. Seorang geologist dapat memberikan data dan gambaran mengenai bahan galian daerah tersebut yang selanjutnya akan dieksekusi atau dieksploitasi oleh seorang penambang atau ahli tambangnya. Seorang penambang pun jelas sangat berpengaruh dalam kegiatan penambangan, salah satunya kegiatan scalling yang dinilai mampu melakukan kegiatan pengeboran (drilling) dan peledakan (blasting) guna mengambil bijih yang selanjutnya akan diamati oleh seorang geologist. Data mengenai bahan galian yang diamati oleh seorang geologist juga sangat dibutuhkan oleh seorang penambang atau ahli tambang.

 

Penulis : Dimas Chaidir Adinugroho (Mahasiswa UIN Jakarta)

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !