Detail Berita


Mengenal Minecraft, Game Edukasi Pertambangan Terlaris di Dunia


"Game Minecraft"
Sumber gambar: skor.id


Tanggal terbit: 03-07-2020

duniatambang.co.id - Game umumnya digunakan untuk bermain dan menghabiskan waktu semata. Berbeda dengan game yang satu ini, game ini dibuat sebagai media edukasi pertambangan, yaitu Minecraft. Game tersebut merupakan buatan developer Mojang yang pertama kali meluncur tahun 2011 lalu. Sampai saat ini, laporan terakhir yang dilansir oleh microsoft, game ini telah mencapai penjualan di angka 176 juta di seluruh dunia.

Disaat orang tua umumnya sangat khawatir terhadap perilaku anaknya yang kecanduan akan game online, minecraft justru hadir sebagai solusi atas kekhawatiran tersebut. Associate Professor Michael Dezuanni mengatakan riset yang dilakukannya menunjukan penggunaan Minecraft tidak seharusnya dibatasi dalam waktu bermain anak.

"Selama beberapa tahun terakhir saya berkesempatan bekerja bersama dengan beberapa sekolah menggunakan Minecraft di ruang kelas,” katanya.

Menurut ID Tech, minecraft sudah banyak digunakan sebagai media pembelajaran di beberapa negara. Permainan ini dianggap dapat membantu anak untuk dapat membaca, menulis, dan lebih jauh lagi yaitu matematika.

Terdapat hal menarik dalam permainan minecraft, karena secara tak langsung permainan ini memberikan edukasi dasar bagaimana untuk membangun sebuah dunia impian, mulai dari melakukan pertambangan untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, hingga membuatnya sesuai kreatifitas masing-masing. Para pemain menggunakan blok bahan; kayu, batu, bijih besi, pasir, untuk membangun sesuatu.

Dalam dunia minecraft, terdapat 2 material yang dianggap sangat berharga, yaitu besi dan juga emerald. Emerald adalah tujuan utama dari para pemain dalam mode permainan survival. Karena emerald dapat digunakan sebagai mata uang dalam dunia minecraft, seperti untuk membeli makanan, dan barang-barang lainnya. Lalu, bagaimana sih proses penambangan dalam dunia minecraft? Apakah sudah mirip dengan proses penambangan yang asli?.

Untuk melakukan proses penambangan, diperlukan tahap eksplorasi terlebih dahulu, karena dalam dunia minecraft juga diperlukan keberuntungan untuk mendapat material-material berharga seperti emerald dan juga besi, karena letak material juga berbeda tergantung seednya masing-masing.

Berikut tahapan untuk melakukan kegiatan tambang dalam dunia minecraft.

1. Persiapan perlengkapan

Sebelum memulai, persiapkan inventaris perlengkapan untuk melakukan strip mining. Perlengkapan yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Beliung besi - Yang dibutuhkan adalah tiga batang besi (terbuat dari tiga bijih besi yang dilebur) dan dua stik. Berlian hanya dapat ditambang dengan dua jenis beliung, yaitu beliung besi dan beliung berlian.
  • Ranjang - Ranjang akan berfungsi sebagai tempat pemijahan ketika Anda tidur di dalamnya. Jadi, apabila karakter mati ketika menambang, karakter tersebut akan memijah kembali di dekatnya.
  • Obor - Obor bisa membantu Anda untuk melihat sekeliling karena Anda akan berada di bawah tanah.
  • Peti - Peti digunakan untuk menyimpan bijih yang ditambang ketika Anda mencari berlian.
  • Tungku - Tungku digunakan untuk melebur bijih yang Anda dapatkan (misalnya emas, besi, atau berlian). Ini berarti Anda bisa membuat beliung dalam jumlah yang tidak terbatas.
  • Meja kerajinan - Meja kerajinan yang ada di pangkalan bisa digunakan untuk membuat berbagai peralatan dan benda struktural untuk melakukan penggalian.
  • Pintu - Pintu digunakan untuk mencegah monster agar tidak masuk ke dalam pangkalan ketika Anda tidur.
  • Blok kayu - Kayu merupakan salah satu dari dua benda yang tidak akan bisa ditemukan di dalam tambang. Kayu digunakan sebagai handel untuk peralatan dan sebagai bahan pengganti yang lain. Usahakan untuk membawa minimal 64 blok kayu.
  • Peta (hanya untuk edisi PE dan konsol) - Peta digunakan untuk melacak koordinat dan pembaruan ketika Anda menggali ke arah bawah.
  • Daging mentah - Daging bisa dimasak ketika Anda berada di tambang agar indikator kelaparan dan kesehatan Anda tetap penuh

2. Penambangan

Pada kegiatan ini adalah penggalian hingga bertemu batuan akhir (bedrock) yang tidak dapat di hancur. Pada cara ini akan menemui beberapa material selama perjalanan.

3. Membuat Beliung Besi atau Diamond jika diperlukan

Bila sudah mendapatkan beberapa material seperti diamond, emas, atau redstone apalagi emerald, untuk mengambilnya pastikan menggunakan beliung besi untuk bisa di ambil. Jika tidak diamond, emas, dan redstone serta emerald akan hangus jika hanya menggunakan beliung batu. Bila sudah mendapatkan diamond, mak wajib membuat beliung diamond untuk mengambil obsidian. Perlu diingat bahwa obsidian hanya bisa diambil menggunakan beliung diamond.

4. Simpan hasil mining

Jika sudah dapat yang diinginkan, simpanlah dengan aman sebelum mati kena lava. Agar mining yang sudah diperoleh tidaklah sia-sia.

Setelah mendapat ore dari hasil menambang, untuk digunakan dalam membangun bangunan ataupun membuat beberapa perkakas, ore yang sudah didapatkan perlu untuk di masukan kedalam furnace terlebih dahulu agar menjadi material siap pakai.

Nah, seperti itu kira-kira tahapan untuk melakukan proses penambangan di dalam dunia minecraft, seru ya!, dan juga sangat edukatif untuk digunakan oleh anak-anak.

 

Penulis : Ario Bhismo Nugroho (Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !