Detail Berita


Georgius Agricola, Penulis Buku De Re Metallica Sekaligus Bapak Mineralogi Dunia


"Sampel Mineral Azurite dan Malachite"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 03-07-2020

duniatambang.co.id - Menapak kilas balik sejarah perkembangan ilmu yang mempelajari mineral, sebenarnya istilah mineral sudah diperkenalkan oleh Aristoteles dengan kata meteorologica yang diartikan semua jenis zat yang memiliki sifat yang dapat dijelaskan secara melalui metafisiknya.

Sementara Theophrastus, dengan kata de mineralibus yaitu mengembangkan dari yang dijabarkan oleh aristoteles, ia membagi mineral menjadi dua kelompok; mineral yang terkena panas dan  mineral yang dipengaruhi kelembaban. Namun pada kenyataannya bukan mereka berdualah yang dikenal sebagai bapak mineralogi dunia, melainkan Georgius Agricola.

Georgius Agricola atau yang memiliki nama lahir Georg Bauer adalah seorang ilmuwan yang lahir pada tanggal 24 Maret 1494 di Glauchau, daerah kecil yang ada di Saxony  yang  berada di daerah Timur Jerman, beliau merupakan mahasiswa di universitas Leipzig dari tahun 1514 sampai 1418.

Selanjutnya beliau memperdalam mengenai obat-obatan, fisika,  kimia dan filosofi di  Italia, yang selanjutnya mendapatkan gelar pendidikan  di Universitas Bologna dan Universitas Venice. Setelah mendapat gelar Doktor-nya, ia pergi  ke Joachimstal, salah satu deerah yang berada di perbatasan Jerman Timur dengan Republik Ceko, ia  mengembangkan dirinya dengan membuka  klinik pengobatan. Kota kecil  ini terletak di Bohemia  dan merupakan kota yang sedang naik daun menjadi  kota tambang kala itu di Eropa Tengah, khususnya Tambang Perak.

Selama keberadaannya di kota Joachimstal tersebut, Georg lebih sering menghabiskan waktu luangnya dengan mengunjungi  tambang-tambang serta pabrik peleburan bijih  tambang (smelters). Georg kemudian lebih banyak membuat tulisan ilmiah yang menggambarkan pengamatan serta studi lapangan di daerah pertambangan, tidak terbatas kepada batuan dan mineralnya saja,  melainkan juga mengenai teknik serta istilah yang  digunakan pada proses penambangan pada waktu itu yang kemudian dibukukan  dengan  judul “bermannus”, dalam buku itu menjadi acuan dasar pertama perkembangan istilah  dan pengetahuan di dunia  pertambangan dan mengenai  mineralogi.

Tahun 1546, Georgius Agricola menerbitkan buku nya yang berjudul de  Natura Fossilium  yang berisikan tentang klasifikasi mineral yang mana pada era itu lebih dikenal dengan fossil. Dalam bukunya mineral ditampilkan dan diklasifikasin  dari  geomoetri dan komposisi sejenis yang menysun pada suatu  mineral, mengingat ia merupakan ilmuwan bidang kimia. Pada bukunya ini menjadi  titik balik pendobrakan literatur kuno oleh aristoteles mengenai zat. Dari buku inilah ia kemudian dijuluki sebagai bapak mineralogi dunia.

Karya terbesar dan karya terakhirnya  berjudul De Re Metallica dipublikasikan pada tahun 1556, satu tahun setelah  ia meninggal. Pada bukunya ini dilakukan pendekatan yang sangat komprehensif terhadap dunia mineralogi dan pertambangan. Dimana pada buku ini membahas secara detail mengenai  tambang serta kepemilikannya  di daerah Saxonny,  geologi mineral bijih, pengujian dan peleburan mineral  bijih, survey lapangan dan kontruksi poperasional penambangan, dan juga mengupas  peleburan bijih serta bagaiman pembuatan kaca. Buku ini menjadi sebuah karya besar dan sangat penting dalam mineralogi.

 

Penulis : Fadlan Nursiwan

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !