Detail Berita


Sempat Berlangsung Panas, Begini Kesepakatan Rapat Komisi VII DPR RI dan MIND ID


"Ilustrasi Palu Sidang"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 01-07-2020

duniatambang.co.id - Komisi VII DPR RI dan Holding Industri Pertambangan MIND ID menggerlar Rapat dengar pendapat (RDP)  di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Senayan, Jakarta pada Selasa (30/6). MIND ID sendiri menaugi lima perusahaan industri tambang di Indonesia, yaitu PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM), dan PT Timah Tbk. Rapat tersebut sempat berlangsung panas. Kendati demikian, rapat gelar pendapat tersebut akhirnya mendapatkan sejumlah kesimpulan yang disepakati antara MIND ID dan Komisi VII DPR RI, antara lain:

Poin pertama yang disepakati yaitu terkait dengan divestasi 51% saham Freeport oleh MIND ID dimana Komisi VII DPR RI meminta MIND ID untuk memberikan penjelasan detail mengenai proyeksi pendapatan negara dari PT Freeport Indonesia dalam jangka waktu lima tahun mendatang.

Poin kedua, masih terkait dengan divestasi yang dilakukan oleh MIND ID pada dua perusahaan tambang raksasa yaitu PT Freeport Indonesia dan PT Vale Tbk dimana komisi VII DPR RI meminta MIND ID untuk memberikan penjelasan detail terkait dengan skema hutang yang dilakukan MIND ID untuk keperluan akuisisi tersebut. MIND ID juga diminta untuk memberikan penjelasan terkait dengan refinancing untuk angsuran utang yang jatuh tempo pada 2021 dan 2023 mendatang.

Poin ketiga yaitu terkait dengan kinerja MIND ID yang diproyeksikan akan sedikit mengalami hambatan yang berpotensi membuat setoran ke Negara berupa pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) turut anjlok. Komisi VII DPR RI meminta MIND ID untuk menyiapkan langkah dan strategi agar kinerja tetap prima.

Poin keempat yang disepakati terkait dengan proyek strategis yang berada dibawah naungan MIND ID dimana nantinya akan ada pembentukkan panitia kerja (Panja). Poin kelima yaitu terkait dengan pembangunan smelter milik PT Freeport Indonesia dimana nantinya komisi VII DPR RI akan mengagendakan adanya focus Group Discussion dengan pihak MIND ID.

Baca juga: Akuisisi Rp. 5,52 T Berhasil, Vale Indonesia Menjadi Anggota Keenam dari Holding Tambang Indonesia

Kesimpulan terakhir yang disepakati yaitu terkait dengan jawaban tertulis yang harus dibuat MIND ID atas semua pertanyaan yang dikemukakan pada Rapat dengar pendapat (RDP) paling lambat pada 3 Juli 2020.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !