Detail Berita


Batal dipinang ANTM, Ternyata Saham Nusa Halmahera Mineral diborong Indotan


"Underground gold mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 26-06-2020

duniatambang.co.id - PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan emas. NHM sendiri terbentuk bermula pada tahun 1994 ketika Newcrest dan Antam bermitra untuk menemukan pundi-pundi emas di Pulau Halmahera. Ketika cadangan emas ditemukan, pada tahun 1997 Newcrest dan Antam membentuk NHM dan dilanjutkan dengan pembuatan Kontrak Karya.

Sebelumnya, porsi kepemilikan saham NHM dimiliki oleh Newcrest Singapore Holding Ltd dengan porsi 75% dan ANTM dengan porsi 25%. Seiiring berjalannya waktu, NHM sendiri memiliki kewajiban divestasi atas sahamnya. Atas penawaran divestasi tersebut, emiten pelat merah yaitu PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sempat digadang-gadang akan menambah kepemilikan sahamnya pada NHM sebesar 26%. Jika rencana tersebut direalisasikan maka ANTM memiliki porsi kepemilikan sebesar 51%.

Namun, rencana untuk menambah porsi kepemilikan saham di NHM tersebut akhirnya diurungkan oleh ANTM dengan mempertimbangkan cadangan emas NHM yang dinilai sudah terbatas sehingga tidak cukup ekonomis secara perhitungan bisnis. Setelah batal dipinang ANTM, ternyata saham NHM yang memiliki tambang emas di Gosowong, Maluku Utara itu justru diborong oleh PT Indotan Halmahera Bangkit (Indotan).

PT Indotan Halmahera Bangkit (Indotan) diketahui membeli saham milik Newcrest Ltd tersebut dengan porsi hingga 75% senilai Rp 1,3 triliun. Untuk itu, pada saat ini saham Indotan tersebut 100% menyandang status Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Dimana sebanyak 75% sejak Februari 2020 lalu resmi dimiliki oleh Indotan dan 25% sisanya dimiliki oleh Antam.

Sebagai informasi, saat ini Tambang emas Gosowong terdiri dari tambang bawah tanah Kencana dan Toguraci. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tambang emas NHM ini diproyeksikan memiliki sisa cadangan emas sekitar 300.000 troy oz. Belum diketahui apakah kedepannya akan terus dilakukan eksplorasi untuk menambah pundi-pundi cadangan emas tersebut.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !