Detail Berita


Spot Menarik dari Sebuah Situs Tambang yang Jarang Terpublikasi


"Excavator Backhoe"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 25-06-2020

duniatambang.co.id - Tak hanya menjadi lokasi mendulang bahan logam dan mineral, sebuah situs tambang juga bisa menjadi alternatif kunjungan wisata yang potensial. Melihat secara langsung sebuah proses pendulangan, pengolahan hingga distribusi tentu memberikan pengalaman tersendiri yang sangat menarik.

Hal ini tentunya juga bisa memberikan pengetahuan terhadap masyarakat umum bahwa tambang tidak selamanya memberikan kesan negatif, tetapi juga memiliki banyak sekali ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya. Ada sejumlah titik atau spot menarik yang bisa anda temukan dari sebuah lokasi pertambangan, yang tentunya akan membuka wawasan serta memberikan pemandangan menakjubkan yang tidak bisa anda temukan di tempat lain.

Alat Berat dan Kendaraan Proyek Raksasa

Saat pertama kali mengunjungi sebuah lokasi tambang, tentu yang Anda lihat adalah sebuah lubang galian yang sangat besar, dan juga peralatan serta kendaraan raksasa yang berlalu lalang membawa hasil galian dan juga mengangkut para karyawan.

Salah satu kendaraan raksasa yang bisa anda temukan adalah Haul Truck. Kendaraan raksasa ini memiliki fungsi untuk mengangkut hasil galian dalam jumlah yang sangat besar, dari pusat galian tambang menuju ke instalasi pengolahan. Saking besarnya ukuran, manusia perbandingannya hanya sebesar rodanya saja.

Oleh karena itu, tidak sembarang orang yang bisa mengemudikan haul truck ini. Hanya mereka yang benar-benar berpengalaman dan memiliki skill tinggi. Namun jika anda melihat di Freeport, perusahaan itu justru mempekerjakan para wanita asli Papua untuk mengendarai haul truck itu. Sebuah pemandangan yang sangat langka bukan?

Instalasi Pengolahan Hasil Tambang

Spot menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah instalasi pengolahan hasil galian tambang. Di sini, tidak hanya bisa menemukan mesin-mesin besar, tetapi juga bisa mengenal teknologi mengenai proses pengolahan komoditas tambang dari material asal hingga siap untuk dijual.

Tempat Tinggal Karyawan

Mess atau tempat tinggal yang khusus untuk para karyawan tambang biasanya juga menarik untuk dikunjungi. Tempat ini dibuat bagi para karyawan yang diharuskan bekerja di lokasi tambang dalam jangka waktu yang cukup lama. Tak jarang, anda bisa menemukan beragam titik menarik seperti fasilitas yang disediakan, yang ternyata lebih bagus dan lengkap daripada yang anda pikirkan.

Instalasi Pengolahan Limbah dan Perawatan Lingkungan

Ternyata proses pemeliharaan lingkungan di sekitar areal tambang tidak hanya dilakukan ketika tambang habis kandungan mineralnya dan selesai beroperasi. Namun, kegiatan ini dilakukan juga setiap hari seiring proses produksi berjalan. Teknologi dan fasilitas pengolahan limbah patut untuk dikunjungi karena bisa memberikan wawasan baru.

Termasuk juga langkah reboisasi atau penanaman kembali pohon-pohon yang sebelumnya ditebang guna membuka lahan untuk areal tambang. Adalah sebuah kewajiban perusahaan tambang untuk memulihkan flora dan fauna yang sebelumnya ada di areal tambang tersebut. Biasanya dilakukan proses budidaya dan penangkaran di lokasi tersendiri, dan ketika proses penambangan selesai, maka flora dan fauna yang di dalam penangkaran itu bakal dikembalikan di tempatnya semula.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !